Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Penerbangan Komersial Perdana Bandara Ngloram, Citilink Mendarat di Cepu

Penumpang pertama dari Jakarta pejabat dan sejumlah undangan Diaspora Blora dan masyarakat umum.

BLORA (global-news.co.id) – Layanan komersial penerbangan perdana Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, telah resmi dibuka. Maskapai penerbangan Citilink mendaratkan pesawatnya jenis ATR-72 pukul 11:30 WIB di Bandara Ngloram, setelah lepas landas dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta pukul 09.55 WIB Jumat (26/11).

Sebagai penumpang pertama dari Jakarta adalah Bupati Blora Arief Rohman, Pejabat Kementerian Perhubungan, anggota DPR RI, Direktur Citilink, dan sejumlah undangan Diaspora Blora dan masyarakat umum.

Pada kesempatan itu, Sesditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Nur Isnin Istiartono, mengaku bangga atas beroperasinya kembali lapangan terbang di Kabupaten Blora ini.

“Kami mewakili Pak Menteri Perhubungan sangat mendukung beroperasinya kembali Bandara ini. Ini bukan bandara baru, namun lapangan terbang khusus tahun 1970-an yang non-aktif di tahun 1984 an. Kita aktifkan kembali dengan pemerintah pusat sebagai Bandara Komersial atau untuk umum. Semoga bermanfaat untuk mendukung konektivitas daerah dan mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Grobogan, Sri Sumarni, dan Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang hadir secara langsung untuk menyambut penerbangan perdana turut mengungkapkan dukungannya pada Bandara Ngloram.

“Kami bersama Pak Bupati Rembang mengucapkan selamat kepada Blora atas beroperasinya Bandara Ngloram di Cepu. Tentunya ini tidak hanya untuk Blora saja, namun juga untuk daerah di sekitarnya termasuk Grobogan dan Rembang. Semoga semakin mewarnai pilihan transportasi bagi masyarakat dan membuka peluang investasi daerah,” ungkap Sri Sumarni.

Maskapai penerbangan Citilink mendaratkan pesawatnya jenis ATR-72 pukul 11:30 WIB di Bandara Ngloram (26/11)

Anggota Komisi IX DPR RI, Dapil III Jateng, Edy Wuryanto yang ikut dalam penerbangan perdana ini juga mengucapkan selamat dan turut bangga atas dibukanya penerbangan komersial.

“Kami sangat mendukung adanya Bandara di Kabupaten Blora ini yang sebelumnya jauh dari Semarang, Solo, maupun Surabaya. Tengahnya ya di Cepu Blora ini. Kita berharap Cepu Blora akan menjadi pusat ekonomi baru di perbatasan Jateng – Jatim,” ucapnya.

Sementara itu Hardy Classic salah satu Diaspora Blora, yang juga pengusaha interior mobil sukses di Jakarta merasa bangga bisa secepat ini pulang kampung.

“Dulu saya dari Jakarta ke Blora naik motor 20 jam, kemudian sejak ada tol sekitar 10 sampai 12 jam. Kini justru tinggal 1,5 jam sudah sampai Blora. Hebat Pak Bupati. Ini kemajuan untuk Blora, sejarah baru,” ungkap Hardy, Diaspora asli Tunjungan, Blora yang juga youtuber.

Bupati Blora, Arief Rohman, menyampaiakan terima kasih  kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengaktifan kembali Bandara dan pembukaan penerbangan perdana ini.

” Awalnya penerbangan ini akan ada subsidi dari pemerintah, namun atas berbagai masukan akhirnya tidak jadi subsidi dan langsung dilempar ke masyarakat. Alhamdulillah penumpangnya tadi penuh dan ini nanti kembali ke Jakarta juga hampir penuh. Penerbangan akan dilayani setiap Jumat dan Senin, sepekan dua kali,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, Bandara ini tidak hanya milik Blora, namun merupakan kado dari pemerintah pusat kepada beberapa kabupaten di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Oleh karena itu kali ini kami undang para Bupati pimpinan daerah di sekitar Blora. Ini merupakan akses transportasi udara untuk kawasan. Semoga bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi kawasan Blora, Rembang, Grobogan, Ngawi, Bojonegoro, dan Tuban. Kita optimistis kawasan ini akan menjadi pusat ekonomi baru. Apalagi banyak proyek strategis nasional di kawasan ini,” tambah Bupati.

Ke depan, menurut Bupati pihaknya masih punya PR lagi untuk memperpanjang landasan dan juga fasilitas-fasilitas lainnya.

“Kami mohon berkenan untuk Pak Sesditjen bisa sinergi dengan Pemkab Blora, Pemprov Jawa tengah untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di bandara ini,” kata dia. (rno)

baca juga :

Pemprov Jatim Gulirkan Inovasi Pengesahan STNK berbasis QR Code

Walikota Surabaya Minta Remaja Hormati Orangtua dan Guru

Redaksi Global News

27 Juni: Tambah 1.385, Positif COVID-19 di Indonesia 52.812 Orang