Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Pemkot Surabaya Percantik Kawasan Jl Tunjungan, Mulai Perantingan hingga Dekorasi Lampu PJU

DKRTH Surabaya akan menambah ornamen lampu di sepanjang Jl Tunjungan.

SURABAYA (global-news.co.id) –
Pemkot Surabaya melalui Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya melakukan perantingan pohon untuk mempercantik Kawasan Wisata Tunjungan. Selain perantingan, DKRTH Surabaya juga akan menambah ornamen lampu di sepanjang Jalan Tunjungan.

Kepala DKRTH Kota Surabaya, Anna Fajriatin, mengatakan, bersama jajarannya saat ini sedang proses melakukan penyegaran di kawasan Jl Tunjungan. Mulai dari dekorasi hingga penambahan lampu penerangan jalan umum (PJU) di beberapa titik yang akan digunakan untuk kantong parkir.

“Seperti di Jl Kenari itu, ada beberapa titik yang mau dipasangi PJU, kini sudah kita pasang semua,” kata Anna, Kamis (11/11).

Bukan itu saja, nantinya DKRTH Kota Surabaya juga akan mengganti kotak pohon yang ada di kawasan Jl Tunjungan. Yang tadinya di kotak pohon ada tanaman melati Jepang dan melati nerah, akan diganti tanaman hias khusus untuk menyambut dibukanya Kawasan Wisata Tunjungan.

Proses pengerjaan dalam mempercantik kawasan Jl Tunjungan

“Nanti diganti pakai jenis tanaman baru. Lampunya juga sudah diganti LED semua, lalu pohon-pohon di sepanjang Jl Tunjungan juga ada ornamen lampunya. Saya ingin, setelah peremajaan kawasan Tunjungan menjadi bersih dan bangunan cagar budaya di sekitarnya tidak terhalang oleh pohon,” ujar Anna.

Pekerja sigap mengerjakan kawasan Jl Tunjungan

Selain itu, Anna melanjutkan, juga akan melakukan peremajaan di Kampung Ketandan. Untuk pengerjaannya, ia akan berkoordinasi dengan Dinas Cipta Karya Kota Surabaya. Agar semakin menarik, kawasan Jl Tunjungan juga ditambah bola-bola untuk menghiasi jalan ikonik Kota Pahlawan tersebut.

“Perantingan dan pengecatan lampu antik sudah kami kerjakan. Jadi nanti di pohon-pohon Jl Tunjungan ada ornamen lampunya, juga ada penambahan untuk spot -spot foto,” pungkasnya.

Seiring melandainya kasus Covid-19 dan Surabaya turun ke level 1, pemkot akan menghidupkan kembali wisata di Jl Tunjungan untuk memulihkan dan menggerakkan kembali ekonomi masyarakat. Sebelumnya, di kawasan itu juga sempat dipercantik dengan gambar mural di sisi sebelah kiri jalan untuk menarik minat wisatawan. (pur)

baca juga :

Wujudkan Ikon Kota Pasuruan, Bank Jatim Bantu Pembangunan Landmark Simpang 4

Redaksi Global News

Gol Assanur Rijal Selamatkan Persiraja dari Kekalahan Atas Persela

Redaksi Global News

Gubernur Khofifah Ingatkan Perusahaan Wajib Bayar THR