Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Mantap, BNI Antarkan UKM Tembus Pasar Dubai

Produk-produk pelaku UKM yang dipajang di outlet Al Jaber Gallery Dubai Mall

DUBAI (global-news.co.id) – Upaya pengembangan bisnis segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI semakin agresif menjelang akhir tahun. Perseroan berhasil memfasilitasi debitur UKM nasional masuk ke Al Jaber Gallery di Mall of Dubai, Uni Emirat Arab.

Al Jaber Gallery merupakan jaringan toko suvenir terbesar di Uni Emirat Arab yang berdiri sejak 1960. Pemilik dari Al Jaber Gallery adalah Abdulla Jaber Belshalat yang merupakan pengusaha di bidang kerajinan dan barang antik.

Al Jaber Gallery saat ini memiliki 26 outlet yang tersebar di berbagai mall serta jalan raya di Dubai dan Abu Dhabi. Jaringan ini menjual berbagai kerajinan asli Arab dan dari berbagai belahan dunia lainnya seperti Timur Tengah dan Asia Selatan.

Sebagai pilot project, perseroan membawa 10 pelaku UKM untuk memasarkan produk-produknya di outlet Al Jaber Gallery Dubai Mall. Mereka memproduksi sekitar 30 produk antara lain sepatu, keramik, perhiasan, porselen, tas, dan pajangan rumah.

Acara peresmian pameran produk UKM Indonesia ini dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar. Abdulla Jaber Belshalat pun menyambut hangat kedatangan rombongan Indonesia ini.

Royke Tumilaar menuturkan, UKM adalah segmen strategis yang tengah didorong pemulihan kinerjanya tahun ini. BNI terus mencari potensi pertumbuhan bagi debitur UKM agar dapat menembus pasar global seperti di daerah Timur Tengah yang ceruk pasarnya besar.

Ikat Kerja Sama

Royke mengatakan, BNI baru saja merampungkan kerja sama dengan Al Jaber Gallery di Dubai Mall. Langkah ini diharapkan mampu memperbesar cakupan pasar bagi pelaku UKM Indonesia ke depannya.

“Tentunya, kami sangat bangga karena UKM nasional yang kami bina ditempatkan di etalase premium di mall terbesar di Dunia, yaitu di Al Jabber Gallery, Dubai Mall. Hal ini kami harapkan dapat memberi dampak positif untuk membuka jalan UMKM Indonesia go global,” tuturnya.

Dia menuturkan pada tahap ini BNI Xpora berperan sebagai fasilitator para UMKM untuk mendapat tempat istimewa di gerai toko suvenir terbesar di United Arab Emirate tersebut. Ke depan, para pelaku UKM ini dapat mandiri bekerja sama langsung dengan Al Jaber Gallery.

“Kehadiran Xpora menjadi komitmen BNI mengakselerasi UKM naik kelas dan go global. Melalui BNI Xpora, kami yakin akan semakin banyak memfasilitasi business matching UMKM Nasional ke banyak negara lain juga,” imbuh Royke.

Pada kesempatan itu, Erick Thohir mengapresiasi upaya BNI dalam membuka akses para pelaku UMKM untuk menembus pasar global. Dia optimistis, momentum kebangkitan kinerja UMKM akan lebih cepat seiring dengan terbukanya pasar-pasar baru global.

“Ini tentunya sangat bagus. BNI dengan program Xpora-nya mampu membuka akses pada UMKM. Di sinilah peluang pendapatan UMKM yang besar itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Erick pun menyoroti produk UMKM di Dubai tersebut karena memiliki desain khas tradisional serta kualitas premium. Dia yakin BNI telah bekerja keras guna membimbing pelaku UMKM mencapai level saat ini.

“Ini juga berkat upaya bimbingan Bank BNI terhadap para pelaku UMKM-nya. Produknya bagus-bagus sehingga harganya pun menembus berkali-kali lipat dari harga luar negeri,” imbuhnya. (jef)

baca juga :

Baca 1 Juz Gratis 2 Liter BBK di 59 SPBU Jatim

Redaksi Global News

Liga 1: Persebaya Tuntut PSSI Evaluasi Kinerja Wasit

Redaksi Global News

PPKM Jawa – Bali Resmi Diperpanjang hingga 8 Februari

Redaksi Global News