Global-News.co.id
Sport Utama

Kejurda Selam Jatim, 300 Atlet Berlaga di Pantai Pasir Putih Situbondo

Pertemuan teknik Kejurda Selam laut OBA di Aula Pasir Putih Situbondo

SITUBONDO (global-news.co.id) – Selama dua hari, 13-14 November, Pantai Pasir Putih Situbondo, memiliki gawe. Ya, sekitar 300 atlet tampil pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Selam nomor laut orientasi bawah air (OBA). Even ini digelar oleh Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur.

Wakil Ketua POSSI Jatim, Riyath, mengatakan, ajang Kejurda selam nomor laut ini salah satu tujuannya adalah regenerasi atlet Jatim menghadapi PON 2025 dan sekaligus tes even kesiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim, pertengahan 2022 di Situbondo.

“Kami mencoba komunikasikan dengan pihak POSSI Situbondo. Karena Porprov 2022 salah satunya venue nomor laut akan diselenggarakan di sini,” katanya di Situbondo, Jumat (12/11).

Menurut Riyath, Kejurda selam nomor laut yang diikuti atlet dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur, merupakan even perdana setelah vakum akibat pendemi.

“Terus terang ekspektasi kami sangat besar terhadap even ini. Karena melihat dari hasil yang di PON Papua, nomor OBA kita dapat medali emas. Kemudian yang di nomor finswiming dapat medali perak,” katanya.

Kata Riyath, ajang kejuaraan daerah selam untuk pembibitan maka ada beberapa kelompok umur yang dilombakan, terutama untuk yang nomor finswiming, mulai kelompok umur A sampai E. Sementara orientasi bawah air (OBA) dikategorikan dengan kelas senior dan junior.

“Ada batasan usia 14 tahun ke atas, kami pakai senior dan junior. Junior 17 tahun ke bawah, senior 18 tahun ke atas,” katanya.

Pantai Pasir Putih dipilih sebagai arena pertandingan selam laut, menurut dia, karena pantainya sangat mendukung perlombaan. Selain bentuk pantainya yang flat, hingga 500 meter dari bibir pantai sangat laik untuk lomba OBA. (ins, ntr)

baca juga :

Antisipasi Pelambatan Ekonomi Global, Ketua DPD Kumpulkan Ketua Kadin Provinsi se Indonesia

Redaksi Global News

Berharap pada Plasma Konvalesen Sembari Menunggu Vaksin

Redaksi Global News

Plt Walikota Surabaya Minta Warga Tidak Trauma PPKM

Redaksi Global News