Global-News.co.id
Sport Utama

Indonesia Bidik Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Atlet lempar cakram putra Jabar Sam’un melakukan lemparan di final lempar cakram putra klasifikasi F11 Peparnas Papua (foto: Antara

JAYAPURA (global-news.co.id) – Vietnam memutuskan tidak jadi menggelar ajang olahraga multicabang dua tahunan bagi penyandang disabilitas tingkat Asia Tenggara, ASEAN Para Games pada 2022.

“Keputusan ini menjadi peluang bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah pengganti,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Komite Paralimpik Nasional Indonesia (NPCI), Rima Ferdianto, dalam konferensi pers di Media Center Kominfo Peparnas Papua di Swiss-belhotel Kota Jayapura, Minggu (7/11).

Pihak NPCI sebagai anggota ASEAN Para Sport Federation (APSF) akan melakukan pertemuan guna membahas bagaimana kelanjutan dan nasib dari ASEAN Para Games 2022.

“Dalam kesempatan itu kita juga akan mengajukan diri sebagai tuan rumah alternatif seperti halnya Thailand. Karena kita tidak mau kehilangan momentum setelah sebelumnya Filipina juga tidak menggelar ASEAN Para Games 2019. Indonesia adalah juara umum ASEAN Para Games 2017 di Malaysia dengan raihan 126 emas,” kata Rima.

NPCI, kata Rima, ingin agar atlet-atlet disabilitas Indonesia juga bisa bersinar di kawasan Asia Tenggara melalui ASEAN Para Games dan Asia lewat Asian Para Games di Guangzhou, medio 3-15 Oktober 2022. Para atlet yang merebut emas di Peparnas Papua tidak bisa langsung masuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Solo, Jawa Tengah karena harus melalui seleksi nasional (seleknas).

“Atlet Kelas Elite dan Kelas Nasional akan kita adu untuk mencari siapa yang terbaik. Kalau cabang olahraganya terukur, maka akan kita lihat juga. Apabila ia akan bertanding di level Asia Tenggara dengan catatan waktu di atas perebut perunggu ASEAN Para Games. Begitu juga untuk Asian Para Games, catatan waktu terbaik atlet harus sejajar dengan perebut perunggu level Asia,” ujar Rima.

Kontingen Merah Putih untuk ajang ASEAN Para Games 2022 bertekad merebut juara umum. “Sedangkan untuk Asian Para Games 2022 di Guangzhou, Indonesia kita targetkan berada di peringkat tujuh klasemen medali,” kata Rima. (IP, ntr, ins)

baca juga :

Liga 1, Dua Pilar Bajul Ijo Ricky dan Rian Gabung Persib

Jelang Persebaya vs PSM, Milo Tegaskan Timnya Tidak Gentar

Redaksi Global News

Bank Jatim Bantu Perbaikan 10 Unit Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Bondowoso

Redaksi Global News