Global-News.co.id
Madura Utama

Gubernur Khofifah Resmi Buka MTQ XXIX Jatim di Pamekasan: Menebar Spirit Qurani ke Seluruh Penjuru Negeri

Gubernur Khofifah saat meninjau produk UMKM berupa sepatu dan batik saat pameran produk UMKM menyambut MTQ XXIX Jatim di Pamekasan Rabu 3 November 2021. (Foto: MASDAWI DAHLAN)


Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Jatim secara resmi dibuka Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di halaman Gedung Bakorwil IV Jalan Slamet Riadai No. 1 Pamekasan, Rabu (3/11/2021) malam. Acara berlangsung meriah dan khidmat. Acara ini menjadi sangat istimewa karena bertepatan dengan HUT ke-491 Pamekasan

SUASANA religius mewarnai Kota Pamekasan yang tengah menjadi tuan rumah MTQ Jatim 2021. Acara pembukaan digelar secara luring maupun daring. Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf misalnya melafalkan salawat dari Gedung Bustanil Asiqin Solo secara daring. Sebelumnya dilakukan pembacaan ayat-ayat Al Quran oleh juara 1 putri MTQ ke-28 Jatim.

Selain itu digelar pula defile kafilah dari 38 kabupaten/ kota se-Jatim yang membuat suasana di lokasi acara semakin meriah. Apalagi masyarakat ditambah anggota keluarga yang menyertai kafilah tampak hadir di lokasi acara tersebut.

Acara semakin meriah dengan penampilan Parade Batik Pamekasan untuk Indonesia. Para hadirin dan masyarakat tampak kagum dengan keelokan batik khas Pamekasan yang sudah dikenal secara luas secara nasional itu.

Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Jatim, Kakanwil Kemenag Jatim, Bupati Baddrut Tamam bersama Forkopimda Pamekasan, ulama, kiai, dan tokoh masyarakat serta ormas Islam. Selain itu banyak bupati/walikota juga hadir, seperti seluruh bupati se-wilayah Madura, Bupati Lumajang, Bupati Jombang, Bupati Banyuwangi, Bupati Blitar, Bupati Bondowoso, Bupati Lamongan, Bupati Mojokerto dan Bupati Tuban.
Selain itu, juga banyak wakil bupati dan wakil walikota hadir dalam acara pembukaan MTQ tersebut. Misalnya Wabup Malang, Kota Batu, Blitar, Surabaya, Bangkalan, Gresik, Magetan, Pasuruan, Ponorogo, Situbodno. Selain itu juga Ketua PWNU Jatim, Ketua Muhammadiyah Jatim, Ketua MUI Jatim, wakil dari Kantor Kemenag se-Jatim serta ketua MUI se-Jatim.

“Terima kasih, matur sembah suwun berkenan hadir dalam acara pembukaan MTQ Jatim ini,” kata Bupati Baddrut Tamam dalam sambutannya.

Bupati menegaskan beberapa sukses dalam penyelenggaraan MTQ Jatim kali ini yakni sukses pelaksanaan, sukses protokol kesehatan, sukses ekonomi di mana peserta wira usaha baru (WUB) sudah masuk stan pameran yang baru saja dibuka oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

“Baru kemudian sukses mendorong amaliyah Qurani di pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat yang lain. Spirit Qurani yang kita maksud adalah spirit keadilan, kemanusiaan, kesejahteraan, serta prinsip, kalau kita ingin terhormat maka kita harus membiasakan diri menghormati orang lain, jika kita ingin mulia maka harus membiasakan diri memuliakan orang lain,” katanya.

Sebanyak 1.303 orang terdaftar sebagai peserta MTQ XXIX tingkat Jawa Timur 2021 bersama tim pendampingnya memadati bumi Gerbang Salam. Sebelumnya mereka melakukan registrasi di Aula Barkowil IV Pamekasan. Bupati Pamekasan Baddrut Tamam sempat menemui para kafilah yang berdatangan itu.

Pelaksanaan MTQ sendiri dimulai pada 3-11 November 2021. Lokasi pelaksanaan lomba nantinya disebar di 12 titik atau venue berbeda. Di antaranya Aula PCNU Jl R Abd. Aziz 95, auditorium dan masjid IAIN Madura Jl. Raya Panglegur KM 4 Tlanakan, Gedung Balai Redjo Jalan Niaga 40.

Selain itu, terdapat juga Aula Bakorwil Madura, aula Kemenag Jl Brawijaya, Masjid Agung Asy Syuhada, Pendopo Budaya, Aula SMK Negeri 2, SMKN 3, Gedung Pemuda dan Aula SMAN 2 Pamekasan.

Pelayanan Maksimal

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Pamekasan serius memperhatikan kebutuhan kafilah MTQ XXIX Jatim. Selain menyiagakan mobil sehat untuk melayani perawatan kesehatan kafilah, Pemkab Pamekaan juga menyiapkan sebanyak 55 unit mobil operasional untuk peserta MTQ XXIX Tingkat Jawa Timur 2021.

Mobil operasional itu dipakai untuk semua kepentingan kafilah, misalnya antar jemput kafilah maupun kepentingan lainnya. Untuk menyiapkan mobil operasional tersebut Pemkab Pamekasan membangun kerjasama dengan CV Mandala Wisata sebagai penyedia jasa angkutan penumpang.

Owner Mandala Wisata A. Mukti Ali mengatakan pihaknya sebagai pihak ketiga sudah melaksanakan penandatanganan kontrak dengan Pemkab Pamekasan. Penandatanganan kontrak tersebut langsung dengan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Pamekasan, Halifaturrahman, Kamis (28/10/2021) lalu.

Sebagai pelaksana, kata Mukti, pihaknya menyiapkan sebanyak 55 unit dengan rincian 43 unit jenis MPV dengan kapasitas 8 orang dan 12 unit minibus kapasitas 16 orang. Selain menyediakan 55 unit, pihak Mandala Wisata juga menyediakan mobil cadangan sebagai antisipasi kebutuhan mendadak atau sewaktu waktu ada kendala di lapangan selama pelaksanaan MTQ.

“Kami sudah ada mapping bersama pihak panitia. Kita siapkan juga mobil cadangan sesuai mekanisme sebagai antisipasi kendala di lapangan nanti,” ujar Mukti Ali. (mas/adv)

baca juga :

Hari Jadi ke -72, Gubernur Khofifah Berharap Polwan Makin Cakap dan Cakep

Redaksi Global News

Salat Tarawih di Rumah, Salat Id Ditiadakan

Redaksi Global News

Puji Penerapan Prokes Seri 2 Liga 1, Pemerintah Kaji Seri 3-4 Ada Penonton

Redaksi Global News