Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Gubernur Jatim Resmikan Renovasi Kubah dan Green Toilet Masjid Al- Akbar Surabaya

Gubernur Khofifah meresmikan renovasi kubah dan Green Toilet Masjid Nasional Al- Akbar Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meresmikan renovasi kubah dan Green Toilet Masjid Nasional Al- Akbar Surabaya, Kamis (11/11).

Dikatakannya, renovasi green toilet tersebut untuk memakmurkan masjid, dengan program-program yang bermanfaat yang besar bagi umat yang menjadi penguatan ke depan. Berkaitan dengan green toilet, terinspirasi dari masjid di Bandar Sri Begawan.

Kalau masjid itu tidak hanya di dalamnya yang ornamennya luar biasa, tapi di toiletnya bisa membuat nyaman di situ, karena memang didesain sangat indah.

“Memang kita belum bisa menyamai itu, tapi paling tidak green toilet di masjid ini sudah cukup bersih, cukup menjadi bagian dari referensi bagaimana format masjid dengan suasana yang indah, kemudian yang di-support oleh toilet bersih dan indah,” katanya.

Dikatakannya, kenapa disebut green toilet, karena ending dari proses pembuangan limbahnya itu bisa di sungai untuk pemberdayaan ikan lele.

“Insyaallah format ini menjadi referensi bagaimana kita menyiapkan rumah Allah itu indah, dan yang beribadah itu lebih khusyu’. Mudah-mudahan bisa meningkatan kemakmurannya dan bersama-sama mendapatkan jariyahnya,” tambahnya.

Ketua Badan Pengelola Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Dr HM Sudjak, MAg, menjelaskan, peletakan batu pertama Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dilakukan oleh Wakil Presiden Tri Sutrisno pada tahun 1995.

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya diresmikan oleh KH Abdurrahman Wahid pada tahun 2000.

Dan pada tahun 2021, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melakukan peresmian renovasi kubah dan green toilet. Ketiga tokoh Indonesia tersebut memiliki peran yang sangat berjasa terhadap pengembangan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Dikatakannya, kondisi masjid agung saat ini yang terdiri dari empat kubah anakan. Pada tahun 2021 mendapatkan amanah merehab 4 zona green toilet.

Zona pertama direnovasi pada tahun 2020, zona dua, tiga dan empat direnovasi pada tahun 2021, dengan jumlah kran 539. “Direncakan kondisinya green toilet masjid ini bisa melebihi toilet yang ada di hotel,” kata dia. (jnr, ins)

baca juga :

Demo Tolak UU Cipta Kerja di Tulungagung Diwarnai Aksi Tabur Kembang Boreh

Redaksi Global News

Awal 2021, Skenario Terbaru Masuk Sekolah

Redaksi Global News

Gemarikan Bantu Percepatan Penurunan Angka Stunting di Tulungagung

Titis Global News