Global-News.co.id
Sport Utama

Gilas 10 Pemain Atletico, Liverpool Lolos ke 16 Besar

Bungkam Atletico Madrid, tim Liverpool lolos ke babak 16 besar

LONDON (global-news.co.id) – Liverpool memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup B setelah membungkam Atletico Madrid 2-0 dalam pertandingan di Stadion Anfield, Inggris, Rabu (3/11) waktu setempat (Kamis WIB).

Dua gol Liverpool dicetak oleh Diogo Jota dan Sadio Mane dalam 20 menit awal pertandingan. Keunggulan itu mudah saja dijaga Liverpool sebab Atletico harus menuntaskan pertandingan dengan sepuluh pemain sejak menit ke-36 karena kartu merah yang diterima Felipe.

Liverpool melanjutkan catatan sapu bersih kemenangan dalam empat pertandingan dan mengumpulkan 12 poin di puncak klasemen Grup B, sedangkan Atletico tertahan pada posisi ketiga dengan empat poin setelah disalip Porto (5), demikian laman UEFA.

Bertandang ke Anfield dengan ambisi membalas kekalahan di Wanda Metropolitano, Atletico tampil lebih aktif menciptakan peluang pada awal laga sayang tembakan Joao Felix yang tepat mengarah ke pelukan kiper Alisson Becker.

Liverpool yang bermain lebih tenang membuka keunggulan pada menit ke-13 saat Trent Alexander-Arnold mengirim umpan silang dari depan kotak penalti dan Jota lepas dari kawalan untuk menanduknya guna menaklukkan kiper Jan Oblak.

Enam menit berselang keunggulan Liverpool berganda ketika lagi-lagi Alexander-Arnold menemukan celah dalam pertahanan Atletico untuk mengirimkan umpan terobosan terukur yang bisa dikejar dan disontek Mane ke dalam gawang tim tamu.

Liverpool terus menekan dan pada menit ke-23 nyaris menambah gol jika tembakan Alex Oxlade-Chamberlain yang menyergap umpan tarik Mohamed Salah tak melambung di atas gawang.

Upaya Atletico untuk bangkit semakin berat karena pada menit ke-36 harus kehilangan Felipe yang menjatuhkan Sadio Mane tepat di hadapan wasit Danny Makkelie. Makkelie tampaknya akan memberi kartu kuning tapi Felipe mengabaikan tiga kali panggilan sang wasit sehingga akhirnya mengeluarkan kartu merah.

Ketimpangan jumlah pemain membuat Liverpool leluasa menguasai bola dan seharusnya memperoleh dua gol lagi sebelum turun minum seandainya Oblak tak melakukan aksi penyelamatan gemilang atas tembakan Salah dan  tandukan Jota tepat di muka gawang.

Tiga menit babak kedua berjalan Jota kembali sukses memperdaya Oblak setelah menerima umpan terobosan dari Joel Matip, tapi selebrasi publik Anfield reda setelah wasit mendapat masukan dari VAR untuk menganulir gol karena offside.

Sebaliknya pada menit ke-57 Luis Suarez yang tak bisa berbuat banyak dalam pertandingan ini tiba-tiba mencetak gol setelah tembakannya berbelok mengenai Matip sehingga mengecoh Alisson. Tapi setelah tinjauan VAR gol itu juga dianulir karena Jose Gimenez kedapatan sudah lebih dulu offside.

Tempo pertandingan berangsur-angsur melambat dan peluang lain baru muncul pada menit ke-74 saat Atletico melancarkan serangan balik, namun penyelesaian akhir Hector Herrera masih melenceng dari sasaran.

Liverpool tak mampu menambah keunggulan dua gol hingga bubaran dan harus menutup laga dengan kekhawatiran karena Roberto Firmino dan Alex Oxlade-Chamberlain mengalami cedera saat ditarik keluar.

Dua pekan dari sekarang, Liverpool akan lanjut menjamu Porto di Anfield, sedangkan Atletico pulang ke kandang menghadapi AC Milan di Wanda Metropolitano. (ins, ntr)

baca juga :

Sisir Pantura, Gubernur Khofifah Gowes dan Kampanyekan Pakai Masker di Bojonegoro

Redaksi Global News

Klaster Keluarga Tinggi, Pemkot Surabaya Minta Warga Isolasi Mandiri di Tempat yang Telah Disediakan Pemerintah

Redaksi Global News

Demokrat Jatim Dukung Gus Ipul, Soekarwo: Ada Syaratnya?

nasir nasir