Global-News.co.id
Madura Utama

Empat Sukes Tercapai, Pamekasan Masuk 7 Besar MTQ XXIX Jatim

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Kafilah Pamekasan berada di urutan ke-7 dalam peringkat perolehan juara atau medali dalam ajang MTQ XXIX Jatim. Dalam posisi itu Pamekasan meraih nilai 55 dengan jumlah medali, satu medali emas, dua perak, dua perunggu, tiga juara harapan 1, empat juara harapan 2 dan lima juara harapan 3.

Juara satu atau medali emas diraih dari cabang lomba Takhfiz Quran 20 juz atas nama Ahmad Farhan, lalu medali perak diperoleh dari cabang lomba takhfiz 30 juz atas nama Absori Qolbi dan takhfiz 10 juz atas nama Ahmad Mizmar.

Sedangkan medali perunggu atau juara tiga diperoleh dari cabang lomba Karya Tulis Ilmiag Quran dan Sarhil Quran.
Dari data sementara yang beredar, peringkat perolehan medali seluruh Jatim, peringkat pertama atau juara umum diraih Kabupaten Lamongan dengan nilai 125. Sedangkan peringkat atau urutan kedua diraih Kabupaten Sidoarjo dengan nilai 123 dan peringkat 3 diraih Kabupaten Tuban dengan nilai 113.

Meski berada di peringkat 7 namun kafilah Pamekasan mengungguli atau dapat perolehan juara terbanyak untuk kafilah asal Madura. Sumenep berada di urutan 15, Bangkalan urutan 13 dan Sampang berada di urutan 19.

Koordinator Lomba Kafilah Pamekasan Drs Moh. Munir mengatakan, hasil yang diperoleh dari kafilah Pamekasan saat ini cukup bagus, karena sudah berhasil masuk 7 besar daerah di Jatim. Lebih dari itu jumlah perolehen juara atau medali dan urutan peringkat daerah Pamekasan juga naik signifikan.

“Kalau sebelumnya pada tahun 2019 lalu saat MTQ XXVIII di Tuban kita ada di peringkat 17, sekarang masuk di urutan ke 7 itu sudah sangat bagus naik 10 tingkat. Memang harapannya kita minimal masuk tiga besar. Ya mudah mudah itu tercapai untuk tahun tahun berikutnya,” kata Munir, Rabu (10/11/21) pagi.

Seluruh rangkaian palaksanaan MTQ XXIX Jatim di Pamekasan dipastikan tuntas hari ini dan pelaksanaan penutupan serta pengumuman pemenang secara resmi dan penyerahan hadiah akan dilakukan Rabu (10/11/21) nanti malam di lapangan Nagara Bhakti Pendopo Ronggosukowati Pamekasan yang juga akan dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
Kabag Kesra Setdakab Pamekasan Khalifaturrahman mengaku senang dengan perolehan juara yang diraih kafilah Pamekasan ini. Yang semula pada MTQ sebelumya tahun 2019 lalu berada di urutan 17, sedangkan pada MTQ kali ini Pamekasan berhasil masuk 7 besar.

Selain itu, kata dia, yang paling pokok 4 tujuan penyelenggaraan MTQ XXIX Jatim di Pamekasan yang telah ditekadkan Bupati Baddrut Tamam berhasil tercapai semua. Pertama sukses prestasi. Pamekasan bisa naik peringkat masuk 7 besar. Sukses prokes kesehatan tercapai karena selama event semua peserta terawat dengan baik dan bebas covid 19.

“Yang juga menggembirakan sukses ekonomi. Ini jelas sekali. UKM terangkat, ekonomi terangkat. Pasar UKM ramai dikunjungi peserta MTQ dari luar daerah. Usaha catering bangkit melayani kebutuhan konsumsi peserta MTQ yang jumlahnya ribuan. Perekonomian jadi hidup selama MTQ ini,” katanya.

Sukses terakhir adalah pembumian nilai nilai qurani. Tampak sekali , kata Khalifaturrahman, atmosfir qurani melambung tinggi di bumi Pamekasan mulai sebelum hingga saat pelaksanaan MTQ ini. Itu semuanya diharapkan akan tetap terus bertahan sekalipun pelaksanaan MTQ selesai, menjadi kebiasaan masyarakat Pamekasan. (mas)

baca juga :

Perppu Corona Beri Cek Kosong bagi Pemerintah untuk Lakukan Akrobat Susun APBN

Redaksi Global News

SAKIB 2016 Raih Predikat Baik, Madura Hanya Pamekasan

Redaksi Global News

Omzet Pedagang di SWK Kota Surabaya Merangkak Naik

Redaksi Global News