Global-News.co.id
Nasional Pendidikan Utama

Dua Kejuaraan Nasional, Mahasiswa PEM Akamigas Boyong Juara 3

Tim Stealth Vyatra dari Program Studi Teknik Mesin Kilang PEM Akamigas

BLORA (global-news.co.id) – Mechanical and Marine National Exposition (MMENE UI) merupakan even tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik UI (IMM FTUI) untuk seluruh mahasiswa di Indonesia. MMENE ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi mahasiswa dalam mengemukakan ide dan inovasi serta mengasah pengetahuan.

Dikemas secara virtual, MMENE UI 2021 ini ditujukan untuk membantu mengusahakan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030 mendatang.

MMENE UI 2021 mengangkat 3 jenis lomba, yakni Boat Design Competition, Aircraft Design Competition dan Innovation Challenge. Diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kesempatan menarik ini diambil oleh tim Stealth Vyatra  dari Program Studi Teknik Mesin Kilang PEM Akamigas. Beranggotakan Kiratsi Syah Raja Simanjuntak, Pangeran Arya ZNN dan Hesmi Rafsanjani Adi, untuk berpartisipasi dalam Boat Design Competition 2021.

Mulai tanggal 31 Agustus sampai dengan 21 November 2021, tim Stealth Vyatra PEM Akamigas berjuang melewati beberapa tahapan seleksi.  Hingga masuk 4 besar di babak final, di antaranya tim PEM Akamigas, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI).

Empat beradu kemampuan dalam babak final. Akhirnya tim Stealth Vyatra berhasil menyabet juara 3 dalam ajang kompetisi tersebut dengan judul karyanya “Hydroelectric Patrol Boat”. Sedangkan juara 1 dan 2 diraih ITS dan UI.

“Prestasi merupakan buah manis dari kerjasama dan rasa ingin tahu. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami dapat membawa nama PEM Akamigas. Hingga mendapat juara 3 di ajang competition nasional,” ujar Kiratsi Syah Raja Simanjunta, Ketua Tim Stealth Vyatra.

Meskipun banyak rintangan dan tantangan yang harus dihadapi, kata dia, timnya tetap kompak dan saling bahu-membahu untuk menyelesaikan kompetisi.

“Terimakasih kami ucapkan, kepada seluruh teman-teman Teknik Mesin Kilang yang selalu memberikan support dan doa kepada tim kami. Semoga tahun depan bisa meningkatkan lagi prestasi ini. Dan semoga prestasi ini berdampak positif bagi PEM Akamigas dan dapat menginspirasi mahasiswa PEM Akamigas, terimakasih,” tambah Kiratsi.

Pada kesempatan lain, tim dari Program Studi Teknik Pengolahan Migas Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, juga menyabet juara 3 dalam ajang BIOVERSARY 2021, yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Dilaksanakan secara virtual.

Tim Program Studi Teknik Pengolahan Migas Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Ada dua cabang lomba  untuk memeriahkan acara akbar tersebut. Di antaranya adalah Fotografi dalam tema “The Beauty of Wild Flora and Fauna in Indonesia”, dan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) dalam tema “Bioscience for Sustainable Life in Indonesia”.

Beranggotakan tiga orang yaitu, Muhammad Farhan, Ahmad Murtafi’in, dan Filipus Rigel Kent S. Mahasiswa PEM Akamigas ini, mengambil nama Antares Vyatra sebagai label untuk ikut berkompetisi dalam cabang LKTI Bioversary IPB 2021.

Mulai tanggal 1 September sampai dengan 14 November 2021, tim Antares Vyatra dari PEM Akamigas berjuang melewati beberapa tahapan seleksi. Melawan kelompok mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan tetap bertahan hingga 6 besar di babak final.

“Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami bisa melawan beberapa universitas besar di Indonesia dan membawa juara 3 bagi PEM Akamigas,” ujar Filipus Rigel, salah satu anggota tim Antares Vyatra.

Menurutnya, banyak kesibukan kuliah dan kepanitiaan tak menjadi penghalang. Semua bisa dikerjakan dengan saling membantu antartim dan teman seangkatan. “Semoga kemenangan kami bisa memberikan dampak positif bagi kampus, dan memberikan semangat bagi teman-teman semua yang mau menuangkan kemampuannya dengan ikut lomba diluar kampus,” ujarnya. (rno)

baca juga :

Dukung Pembangunan Bangsa, ITS Kembali Cetak 264 Insinyur Baru

Titis Global News

PSBB Jawa-Bali, Sekolah Kembali Digelar Daring

Redaksi Global News

16 Mei: Indonesia 17.025 Positif, 3.911 Sembuh dan 1.089 Meninggal