Global-News.co.id
Kesehatan Metro Raya Utama

Cegah dan Berantas DBD di Surabaya, Pemkot Libatkan 26.541 Kader Kesehatan

Petugas pemantau jentik melihat tandon air di sebuah instansi/sekolah

SURABAYA (global-news.co.id) – Komitmen Pemkot Surabaya memberantas Demam Berdarah Dengue (DBD) saat musim hujan terus digalakkan. Jajaran Puskesmas dan 26.541 kader kesehatan se-Kota Surabaya digerakkan untuk bersama-sama memberantas demam berdarah ini.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengakui beberapa waktu lalu sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Walikota Surabaya yang meminta semua pihak meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit DBD ini. SE bernomor 443/12475/436.7.2/2021 itu sudah disebarkan kepada Kepala Perangkat Daerah, camat, lurah, RT/RW, sekolah, tempat ibadah, pengelola mal, dan semua perusahaan di Kota Surabaya.

“Melalui SE itu saya sudah meminta menggerakkan masyarakat atau anggota di masing-masing institusi dalam upaya peningkatan kewaspadaan terhadap penyakit DBD di Kota Surabaya, karena Surabaya akan memasuki musim penghujan,” kata Walikota Eri, Rabu (3/11).

Menurutnya, peningkatan kewaspadaan itu bisa dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M Plus (PSN 3M Plus), yaitu menguras dan menyikat bersih bak mandi atau kolam air minimal satu minggu sekali. Kemudian menutup rapat tempat penampungan air seperti tempayan, tandon, drum air dan lainnya untuk mencegah adanya jentik atau telur nyamuk, memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Plus menghindari gigitan nyamuk dengan cara memakai anti nyamuk atau memakai kelambu, memelihara ikan pemakan jentik, menanam tanaman anti nyamuk, mengganti air vas bunga, dan tempat minum burung.

“Saya juga minta melaksanakan Gerakan 1 Rumah/Gedung 1 Jumantik (G1R1J) dengan melibatkan kader kesehatan atau karyawan institusi untuk memantau dan memastikan tidak ada jentik di lingkungan masing-masing, termasuk lapangan atau tanah kosong dan fasilitas umum lainnya,” tegasnya.

Kader hingga tingkat RT/RW juga dilibatkan

Walikota Eri juga meminta mengaktifkan kegiatan sosialisasi dan penguatan tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), baik di rumah maupun di lingkungan sekitar. Pentingnya pelaksanaan PSN 3M Plus secara rutin dan terus-menerus untuk memutus rantai penularan DBD, dan fogging bukan strategi utama dalam mencegah DBD, karena hanya dapat membunuh nyamuk dewasa, tidak dapat membunuh jentik dan telur nyamuk.

Dia juga memastikan seluruh kegiatan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit DBD ini harus selalu dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Sebab, saat ini masih masa pandemi Covid-19 meskipun kondisinya sudah mulai landai.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Febria Rachmanita, mengatakan dalam rangka pencegahan DBD ini, pihaknya melibatkan semua stakeholder atau lintas sektor di tiap wilayah, mulai dari unsur kecamatan, kelurahan, RT, RW, Babinkamtibmas, Babinsa, puskesmas dan juga para kader yang tersebar di berbagai penjuru Surabaya.

“Jumlah petugas puskesmas yang diturunkan sesuai dengan jumlah penanggung jawab PSN di wilayah binaan yang ada di setiap kelurahan, rata rata 2-3 orang per RW di bantu RT/RW setempat. Selain itu, kami melibatkan sebanyak 26.541 kader kesehatan untuk bergerak hingga ke rumah-rumah warga. Melalui cara ini semoga DBD di Surabaya bisa ditekan,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Komitmen Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan, SIG Raih Lima Penghargaan Kementerian ESDM

Redaksi Global News

Polresta Sidoarjo Kembali Buka Gerai Vaksin Presisi untuk Masyarakat, Untuk Percepat Herd Immunity

gas

Livoli Divisi Utama 2022: Petrokimia Gresik Berpeluang ke Final

Redaksi Global News