Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Catatkan Pertumbuhan Positif, Khofifah Dorong Bank Jatim Agresif Ekspansi ke Seluruh Indonesia

Penyerahan hadiah undian Simpeda Regional PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) di Convention Hall Grand City Mall Surabaya, Minggu (21/11).

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah   Indar Parawansa berharap Bank Jatim agresif melakukan ekspansi ke seluruh Indonesia.
Menurutnya, kinerja Bank Jatim   terus mencatatkan pertumbuhan positif meski dihantam pandemi Covid-19.

Khofifah memaparkan, Bank Jatim berhasil menjawab tantangan selama pandemi dengan menunjukkan kinerja yang positif dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year/YoY).

Berdasarkan kinerja Juni 2021, aset Bank Jatim tercatat Rp 95,48 triliun atau tumbuh 26,90%, laba sebelum pajak tembus Rp 1,04 triliun atau  tumbuh  5,56% (YoY),  sedangkan laba bersih Bank Jatim tercatat Rp 803 miliar atau tumbuh 4,32%. “Semoga jaringan Bank Jatim bisa terus tumbuh di provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia. Mengingat, tidak sedikit pula warga Jatim yang merantau dan tinggal di luar Jawa Timur,” ungkap   Khofifah saat menyerahkan   hadiah undian Simpeda Regional   PT Bank Pembangunan Daerah   Jawa Timur Tbk (Bank Jatim)   di Convention Hall Grand City Mall Surabaya, Minggu (21/11).

Khofifah mengatakan, ekspansi   yang dilakukan oleh Bank Jatim di Indonesia bisa dilakukan dengan mendirikan  atau membuka kantor cabang di wilayah Indonesia Bagian Timur.   Apalagi, Jawa Timur sendiri   menjadi pemasok utama   kebutuhan-kebutuhan pokok di   wilayah Indonesia Timur.

Sedikitnya, ada 16 provinsi   yang menggantungkan pasokan dari Jawa Timur. Untuk itu, Khofifah mendorong Bank Jatim juga terus melakukan inovasi dan terobosan produk-produk  perbankan berbasis digital agar   lebih  memudahkan masyarakat. Namun dengan tetap menerapkan prinsip  kehati-hatian dan proteksi terhadap nasabah.

Dia berharap, semua yang dilakukan oleh Bank Jatim dapat membuat bank pembangunan   daerah tersebut melesat dan   semakin advance sehingga dapat ikut serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Jatim.

“Alhamdulillah, saya bahagia melihat format dan varian produk yang dibuat Bank Jatim   terutama perluasan digitalisasi sistem perbankan dan layanan keuangan inklusi untuk membuka akses lebih mudah bagi nasabah. Mudah-mudahan bisa menjadi penguat semangat kita untuk   maju dan melesat. Tentunya ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jatim,” ujar Khofifah.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Khofifah memberikan secara simbolis hadiah undian Simpeda   nasional Rp 500 juta kepada 2   nasabah dan Simpeda regional Rp 100 juta kepada 5 nasabah. Kedua nasabah pemenang undian Simpeda nasional Rp 500 juta itu adalah Abdul Ghofur yang merupakan nasabah dari Cabang Nganjuk dan Rian Twi Narsih yang merupakan nasabah dari Cabang Mojokerto.

Sedangkan kelima nasabah pemenang undian Simpeda regional terdiri atas Endang Mintarti dari Cabang Utama Surabaya, Djuremi dari Cabang Kediri, Maria Ulfa dari Cabang   Banyuwangi, Sadilam dari   Cabang Sidoarjo, serta Novia   Setiawati dari Cabang Malang.

“Terima kasih dan selamat  sukses untuk Bank Jatim.  Selamat sukses juga bagi pemenang hadiah Simpedes.   Semoga pola ini makin   menguatkan loyalitas nasabah kepada Bank Jatim.  Tadi salah satu pemenang ada yang baru paripurna dari eselon 3 Kabupaten Nganjuk. Mudah-mudahan bermanfaat,” kata dia.

Sementara itu, Dirut Bank Jatim, Busrul Iman, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi   Bank Jatim kepada para   nasabah yang sudah   memberikan kepercayaannya. Untuk itu, Bank Jatim telah menyiapkan total hadiah Rp 6,65 miliar untuk para pemenang.

“Beberapa waktu yang lalu Bank Jatim telah selesai mengundi total hadiah sebesar Rp 6,65 miliar dengan rincian hadiah masing-masing Rp 100 juta dan Rp 50 juta untuk nasabah di 41 Cabang Bank Jatim yang tersebar di Jawa Timur, Jakarta, dan Batam serta hadiah grandprize Rp 500 juta untuk nasabah Simpeda Bank Jatim,” papar Busrul.

Sebagai informasi, sampai   dengan Oktober 2021, jumlah  rekening tabungan Simpeda Bank Jatim tercatat 2.241.710 rekening dengan total nominal Rp. 14,7 5 triliun. Pencapaian   tersebut menempatkan Bank   Jatim di posisi pertama dalam perolehan tabungan Simpeda   di antara BPD lain di seluruh   Indonesia.

Dengan adanya undian ini, Bank Jatim berharap dapat meningkatkan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang sampai dengan triwulan III 2021 tercatat Rp. 69,77 triliun atau tumbuh secara Year on Year (YoY) sebesar 13,99%.

Tabungan Simpeda ini sendiri adalah produk unggulan seluruh Bank Pembangunan Daerah   Seluruh Indonesia (BPD-SI). Pemilik tabungan Simpeda   berkesempatan mengikuti   undian 3 kali dalam setahun,   yang terdiri dari undian   nasional yang dilakukan dua kali dalam setahun, dan undian regional dilakukan satu kali dalam satu tahun.

Turut haĺdir dalam acara tersebut Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, DPR RI Komisi XII Indah  Kurnia, Walikota Surabaya  Eri  Cahyadi, manajemen Bank Jatim, regulator perbankan,  Otoritas Jasa Keuangan (OJK)   serta segenap Forkopimda dan  OPD Jatim. (tis)

baca juga :

Pilpres 2024: Anies Nomor Urut 1, Prabowo 2, Ganjar Nomor 3

Redaksi Global News

TNI-Polri Turun Langsung Percepat Distribusi Bansos PPKM Darurat

gas

DPRD Sidoarjo Gelar Rapat Paripurna Terhadap Pengesahan Rancangan Perubahan APBD

Redaksi Global News