Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Bank Jatim Raih Penghargaan Gold Rank ASRRAT 2021

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman menerima penghargaan Gold Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021.

JAKARTA (global-news.co.id) – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) torehkan prestasi di ajang penghargaan internasional. Kali ini bank pelat merah ini meraih penghargaan peringkat Gold Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh Nasional Center for Sustainability Reporting (NCSR) ini merupakan rating atau pemeringkatan bagi perusahaan Indonesia dan negara Asia lain yang konsisten melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs) core business atau proses bisnis.

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman, di Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Rabu (17/11). Busrul Iman mengaku bangga dengan prestasi yang diraih Bank Jatim tersebut. “Kami bangga atas prestasi tersebut, hal ini menunjukkan bahwa laporan keberlanjutan Bank Jatim konsisten dalam berkontribusi terhadap pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” jelas Busrul dalam siaran pers yang diterima redaksi, Kamis (18/11).

Busrul berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi Bank Jatim untuk mencapai target kinerja perusahaan di akhir 2021.

Sementara itu kinerja keuangan Bank Jatim triwulan III 2021 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY).

Berdasarkan kinerja September 2021, aset Bank Jatim tercatat Rp 101 triliun atau tumbuh 23,05%, laba bersih tembus Rp 1,19 triliun atau tumbuh 7,81% (YoY) selama semester I 2021, Dana Pihak Ketiga (DPK) mencatatkan pertumbuhan 23,45% (YoY) yaitu sebesar Rp 86,13 triliun.

Bank Jatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 6,57% (YoY) atau sebesar Rp 43,04 triliun. Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 13,32% (YoY) atau tercatat Rp 7,32 triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 10,83% atau tercatat Rp 11,10 triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 2,97% atau tercatat Rp 24,62 triliun.

Komposisi rasio keuangan Bank Jatim periode September 2021 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,17%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,09% dan Return On Asset (ROA) 2,22%. Selama pandemi, Bank Jatim juga berperan dalam upaya penanggulangan dampak pandemi dengan menyalurkan Corporate Sosial Responsibility (CSR).

Selain itu juga aktif berpartisipasi dalam mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah melalui restrukturisasi kredit. Sampai dengan September 2021, Bank Jatim telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp 2,8 triliun atau 6,50% dari total penyaluran kredit. (tis)

baca juga :

Implementasi GCG, BNI Perkuat Keterbukaan Informasi

Redaksi Global News

Semen Indonesia Resmikan Akademi Komunitas Semen Indonesia di Rembang dan Aceh

Redaksi Global News

Proliga 2023: Jakarta BNI 46 Tutup Putaran Pertama dengan Kemenangan

Redaksi Global News