Global-News.co.id
Malang Raya Utama

Banjir Bandang Terjang Lima Kawasan di Kota Batu

KOTA BATU (global-news.co.id) –
Banjir bandang menerjang wilayah Kota Batu, Jawa Timur, karena hujan deras sejak Kamis (4/12) siang hingga sore hari. Hal itu mengakibatkan setidaknya lima lokasi atau kawasan mengalami kerusakan parah.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim di Kota Batu, Kamis malam, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penanganan dan evakuasi korban terdampak banjir bandang yang terjadi kurang lebih pada pukul 14.00 WIB.

“Hujan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu menyebabkan lima titik lokasi di Kota Batu mengalami banjir bandang. Sampai dengan saat ini masih dilakukan penanganan dan evakuasi korban,” kata Rochim.

Rochim menjelaskan wilayah yang terdampak banjir bandang antara lain di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji dan Jl Raya Dieng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu.

Kemudian banjir bandang juga terjadi di Dusun Beru, Desa Bulukerto, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, dan di Jl Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Guna menangani dampak banjir bandang, saat ini tim gabungan telah diterjunkan di lokasi kejadian. Proses pembersihan puing-puing masih berlangsung hingga saat ini.

Sejauh ini, berdasarkan data Pusdalops BPBD Kota Batu, relawan telah melakukan evakuasi terhadap satu korban bernama Bayu Agung. Bayu merupakan warga Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. Bayu dievakuasi di Dusun Beru, Desa Bulukerto. BPBD memastikan korban tersebut ditemukan dalam keadaan sehat.

“Selanjutnya, untuk korban terdampak yang lain masih dalam pendataan. Dampak kerusakan kerugian sampai saat ini juga masih dalam pendataan,” ujarnya. (ant)

baca juga :

Satgas Otoritas Jasa Keuangan Stop Tiga Penghimpun Dana Warga

Jelang Dimulainya Pembelajaran Tatap Muka, Pemprov Jatim Matangkan Detail Plan

Redaksi Global News

Seluruh Prajurit Nanggala-402 Dinyatakan Gugur, Gubernur Khofifah Sampaikan Belasungkawa dan Dukacita Mendalam

Titis Global News