Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Akibat Kali Lamong Meluap, Banjir Rendam Lebih dari 100 Rumah di Gresik

Luapan Kali Lamong merendam rumah warga

GRESIK (global-news.co.id) –
Banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Gresik antara lain akibat sungai Kali Lamong meluap, menyusul intensitas curah hujan yang tinggi. Terkait hal itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim) mencatat lebih dari seratus rumah terendam banjir di Desa Ciremen, Kecamatan Kedamean, Minggu (7/11).

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Gresik, Niko, mengatakan banjir merendam sebanyak empat dusun di Desa Ciremen. Menurut Niko, warga saat ini masih mengungsi di posko darurat yang didirikan di kantor desa setempat.

“Pascahujan dengan intensitas tinggi pada Jumat dinihari, mengakibatkan luapan Sungai Kali Lamong banjir dan merendam beberapa desa di Kecamatan Benjeng, Balongpanggang serta Kedamean, Kabupaten Gresik,” kata Niko saat ditemui wartawan di Kantor Desa Ciremen, Minggu (7/11).

Dia menjelaskan ketinggian air saat ini berkisar 50 hingga 200 cm. Menurut Niko, lokasi yang terdampak antara lain berada di Kecamatan Benjeng, Kecamatan Balongpanggang, dan Kecamatan Kedamean.

Niko menyampaikan korban dan bangunan rusak akibat bencana ini masih dalam tahap pendataan. Namun, dia memastikan tidak ada korban meninggal dunia

“Dusun Cermen terdampak 90 kepala keluarga, Dusun Medeo 127 kepala keluarga, Dusun Gerekan Kidul 137 kepala keluarga, Dusun Gerekan Lor 55 kepala keluarga,” ucapnya. (cnn, ins)

baca juga :

Demonstrasi Menentang Hasil Pilpres AS, Puluhan Orang Ditangkap

Redaksi Global News

Dulu Garam di Tingkat Petani Rp 500 Ribu Per Ton, Kini Rp 5 Juta Per Ton

nasir nasir

Tarif Tol Surabaya-Mojokerto Naik Mulai 3 Januari 2020

Redaksi Global News