Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Tapal Kuda Utama

12 Jenis Anggrek Hybrid Lumajang Didaftarkan di Lembaga Paten Internasional

LUMAJANG (global-news.co.id) – Keberadaan Green House Anggrek di Bumi Perkemahan (Buper) Glagah Arum, sebagai salah satu sarana edukasi jenis dan spesies anggrek endemik Semeru. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur, telah mempersiapkan hal itu.

“Di Buper juga akan ada green house anggrek, tapi untuk endemik Semeru, itu untuk edukasi anak-anak Pramuka,” ujar Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati saat menerima Audiensi Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Lumajang, di kantornya, Rabu (3/11).

Indah menyampaikan, pihaknya juga mendukung kegiatan yang dilakukan PAI Lumajang untuk membudidayakan anggrek, utamanya untuk endemik Semeru.

Dia juga memberikan nama untuk salah satu jenis anggrek hybrid hasil persilangan burana white dan stratiotes, dengan nama anggrek Lumajang eksotik.

Ketua PAI Lumajang Eko Y.P menerangkan, saat ini pihaknya juga telah melakukan program kerja sama, berupa kemitraan dengan para petani untuk pembudidayaan anggrek sekaligus pemasarannya.

“Ini ada program kemitraan ada petani plasma, kita jamin pasarnya, harapannya ada dukungan dari pemerintah,” kata Eko YP.

Ia menambahkan, saat ini ada 12 jenis anggrek hybrid hasil persilangan yang telah didaftarkan PAI Lumajang pada lembaga paten internasional yang berpusat di Inggris. Beberapa nama di antaranya Pesona Lumajang, Lumajang Unik, dan Mini Lumajang.

Eko berharap, nantinya ada dukungan dari pemerintah agar pembudidayaan anggrek di Kabupaten Lumajang semakin banyak peminatnya. (ins, kmf, uja)

baca juga :

Warga Keluhkan Transfer Sesama BRI lewat ATM Kena Biaya Rp 1.000

Rektor Unair Kukuhkan Lima Guru Besar Baru

Redaksi Global News

Pemkab Sidoarjo Gelar Penyuluhan Bimbingan Jabatan Bursa Kerja Khusus Sekolah Kejuruan

gas