Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Tumpahan Minyak Mengalir ke Sungai, PEP Cepu Field Sigap Lakukan Pembersihan di Ledok

Ceceran minyak dan air terproduksi yang keluar dari bak penampungan air terproduksi ke anak sungai di Ledok, Distrik 2 Cepu

BLORA (global-news.co.id) – PT Pertamina EP Cepu Field menanggulangi dengan cepat ceceran minyak dan air terproduksi yang keluar dari bak penampungan air terproduksi ke anak sungai di Ledok, Distrik 2 Cepu, Blora, Jawa Tengah, Kamis (28/10). Penanganan dilakukan sejak Rabu (27/10) sore.

Penanggulangannya dengan penyetopan saluran, pembuatan tanggul di sungai dan pemasangan oil boom atau penyerap minyak secara berlapis. Fungsinya akan menghalangi ceceran ke area lain. Selain itu Tim PEP Cepu Field juga melakukan penyedotan ceceran minyak di sungai ke tangki penampung (IBC tank) dan dilanjutkan ke Vacum Truck.

Dilaporkan adanya api disekitar ceceran minyak di sungai, namun setelah dilakukan penelusuran  lebih lanjut sumber api bukan berasal dari ceceran minyak. Tetapi dari area sekitarnya yang memang terdapat beberapa timbunan sampah. Api kemudian mengarah ke ceceran minyak yang jaraknya cukup dekat.

Cepu Field Manager PEP Cepu, Agung Wibowo, menyampaikan pihaknya melakukan penanganan cepat, sehingga api dapat segera dipadamkan.

“Selain lakukan pembersihan dan penyedotan, kami juga melakukan penanganan api. Alhamdulillah dalam waktu tidak terlalu lama api sudah bisa dipadamkan secara total. Sehingga saat ini tim kembali fokus pada pembersihan,” jelas Agung.

Untuk mengantisipasi ke depan, PEP Cepu Field tetap menyiagakan kendaraan pemadam kebakaran, selain juga tangki pengumpul ceceran minyak sebagai wadah hasil penyedotan.

“Tim masih bekerja di lokasi untuk melakukan pembersihan. InsyaAllah kami akan pantau terus. Pagi ini kami akan sisir sisa ceceran dari hulu ke hilir serta pembersihan ceceran jika ada yg menempel dibatu,” ambah Agung.

Informasi diperoleh, ceceran minyak yang meluber hingga ke anak sungai, berasal dari lokasi produksi Distrik Ledok. Peristiwa itu diketahui terjadi pada Rabu (27/10) sore. (rno)

baca juga :

Formasi Tak Lengkap Macan Putih Siap Hadapi Bali United

Redaksi Global News

Rayakan Hari Kemerdekaan RI, Pertamina Berikan Potongan Harga Pembelian BBM

Titis Global News

Puluhan Ribu Pengusaha Warung & Distributor Aice Edukasi Pencegahan COVID-19 ke Warga Sekitar