Global-News.co.id
Sport Utama

Tim Gantole Jatim Sumbang Dua Medali

Tim gantole Jatim usai Upacara Penghormatan Pemenang

JAYAPURA (global-news.co.id) – Tim gantole Jawa Timur mampu meraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. Dua medali berhasil diraih, yakni medali emas dan perunggu.

Dua medali Jatim didapatkan dari nomor lintas alam. Herda Eka NH tampil terbaik dengan mengumpulkan poin 1.153. Wakil Jatim itu unggul atas kontingen Kalimantan Timur yang mengemas poin 1.129. Atlet Jatim lainnya, Nastain turut menorehkan prestasi dengan meraih medali perunggu dengan total poin 1.091.

Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) cabor gantole berlangsung di Lapangan Terbang Advent Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (6/10). Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) sekaligus Ketua Federasi Aero Sport Indonesia, Marsekal Fadjar Praseto, sempat hadir dalam acara.

Namun karena hujan deras, Fadjar segera meninggalkan lokasi UPP. Selanjutnya, pengalungan medali untuk juara cabor gantole nomor lintas alam dilakukan Heru Suryono selaku perwakilan KONI Pusat.

Usai acara, pelatih gantole Jatim Sugeng Yanu mengatakan, capaian atletnya sungguh luar biasa. Mereka masih dalam kategori atlet pemula. Tapi mampu menorehkan prestasi di multieven olahraga nasional empat tahunan. “Atlet kategori pemula bisa mencapai (medali), sudah prestasi luar biasa. Targetnya dari KONI Jatim 1 medali emas. Kami dapat 1 emas dan 1 perunggu,” ujarnya.

Sementara itu, Herda mengaku bangga bisa menyumbangkan medali emas untuk Jatim. Ia bersama atlet gantole lainnya mendapat dukungan penuh selama pertandingan. “Kami ungggul di peralatan,” ucapnya saat diwawancarai sebelum UPP.

Herda pun tidak menghadapi gangguan berarti saat pertandingan. Kondisi cuaca yang tidak menentu dapat dihadapi dengan baik. Soal pesaing, ia sedikit mendapat kejutan dari kontingen Kaltim. Sebab awalnya, pesaing terberat diperkirakan dari Jabar dan DKI Jakarta. Tapi saat pertandingan berlangsung, ternyata atlet Kaltim turut bersaing ketat. (jnr)

baca juga :

Proliga 2023: Laga Perdana, LavAni Kalahkan BNI 46

Redaksi Global News

Hari Raya Nyepi, Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Ditutup 24 Jam

Gowes Sambang Banyuwangi, Gubernur Khofifah Kampanyekan Belanja Produk UMKM

Redaksi Global News