Global-News.co.id
Mataraman Utama

Songsong HUT Ke-76 Prov. Jatim, Gubernur Khofifah Ziarah ke Makam Bung Karno

Gubernur Khofifah berziarah ke makam Bung Karno

BLITAR (global-news.co.id) – Momentum peringatan Hari Jadi Ke-76 Provinsi Jatim dan menghormati napak tilas perjuangan para Pahlawan Nasional  Pendiri Republik Indonesia, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaksanakan ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar, Senin (11/9).

Ziarah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hanya beberapa orang yang diizinkan masuk ke dalam pusara. Gubernur Khofifah memimpin prosesi upacara ziarah makam bersama Forkopimda di antaranya Ketua DPRD Prov. Jatim, Kapolda Jatim yang diwakili Dirbinmas Polda Jatim dan Pangdam V Brawijaya yang diwakili Kakasdam V Brawijaya, Kaskoarmada II Surabaya, Plh. Sekdaprov Jatim serta para pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu, ziarah ke Makam Bung Karno dalam rangka menyambut HUT ke-76 Prov. Jatim pada 12 Oktober 2021. Sebelumnya, pada Minggu (10/10) kegiatan serupa juga dilakukan di Makam Pahlawan Nasional sekaligus Gubernur Soerjo di Kab. Magetan.

Forkopimda Kota dan Kabupaten Blitar, antara lain Walikota Blitar Santoso, Bupati Blitar Rini Syarifah, Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setiawan serta Kapolres Blitar Adhitya Panji Anom juga tampak hadir pada ziarah tersebut.

Gubernur Khofifah menyatakan dalam pembangunan daerah, masyarakat harus meneladani perjuangan pahlawan pendiri Bangsa Indonesia. Selain itu, jejak keteladanan pengorbanan dan perjuangan pahlawan juga harus menjadi pemantik semangat perjuangan membangun Jawa Timur.

“Kalau biasanya kita diajarkan bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghormati dan menghargai jasa para pahlawan, maka  saya ingin tambahkan yaitu mengiikuti jejak teladan,  pengorbanan dan perjuangan pahlawan,” katanya

Dalam perang melawan virus yang tak kasat mata, dirinya mengungkapkan  tanda-tanda kemenangan sudah tampak di depan mata. Bukan tanpa sebab ungkapan tersebut dilontarkan, pasalnya saat ini 32 Kab/Kota di antara 38 Kab/Kota sudah masuk kategori asesmen situasi Level 1 menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Hasil-hasil yang menunjukkan tren positif atas penanganan Covid-19 di Jatim, kata Gubernur Khofifah merupakan hasil kerja keras dan upaya bersama seluruh Forkopimda Jatim dan elemen strategis termasuk media, akademisi serta seluruh masyarakat.

“Maka saat kita ada di Bumi Bung Karno ini yang juga dijadikan lokasi uji coba PPKM Level 1, kita harus tetap menjaga protokol kesehatan (protkes) dengan ketat serta tetap melakukan percepatan vaksinasi,” imbaunya.

Melandainya kasus Covid-19 yang ada juga diiringi dengan pemulihan ekonomi di berbagai sektor. Dalam upaya tersebut, ia kembali menekankan pentingnya pelaksanaan protkes ketat. Di akhir dirinya berharap seluruh doa dalam rangkaian ziarah ini bisa didengar dan diijabah oleh Allah SWT.

“Mudah-mudahan Allah  bukakan pintu kemudahan bagi kita semua, dan  dihindarkan kita semua dari kesulitan dan Insya-Allah kemenangan kita dalam penanganan pandemi sudah dekat,” katanya

Ketua DPRD Prov Jatim, Kusnadi, yang turut mendampingi ziarah tersebut menyampaikan masyarakat jangan sampai melupakan sejarah bangsa (Jas Merah) sesuai pesan Bung Karno.

“Jatim ada karena Bangsa Indonesia ada. Jadi di sini, kita panjatkan doa yang terbaik bagi Jatim dan kita juga mohon bimbingan Allah SWT agar dalam pemerintahan kami selalu di ridhoi oleh-Nya,” sebut Kusnadi.

Usai ziarah, Khofifah sapaan lekat Gubernur Jatim juga memberikan bantuan sosial kepada Juru Kunci Makam Bung Karno yakni Eko Budi Santoso dan Juni Purnomo. Keduanya mendapatkan bantuan sosial berupa bingkisan dari Pemerintah Kota Blitar dan Dinas Sosial serta uang tunai.

Tidak hanya juru kunci makam yang mendapatkan bantuan dari Khofifah, sejumlah 25 tukang becak dan 25 pedagang/masyarakat yang ada di sekitar lokasi makam juga diberikan bantuan berupa paket sembako yang berisi 3kg beras, 1kg gula, 1kg minyak goreng, 1 lusin telur, 2 kaleng sarden dan 5 buah mie instan serta uang tunai. (kmf, ins)

baca juga :

Presiden Meresmikan Bendungan di Sultra dan Jateng

Redaksi Global News

Seluruh Bidang Tanah Jatim Ditarget Terpetakan di Tahun 2025

Redaksi Global News

Mendagri Tito Lantik Sembilan Pj Gubernur

Redaksi Global News