Global-News.co.id
Madura Utama

Soft Launching MTQ XXIX Jatim di Pamekasan, Gubernur Khofifah Minta Doa Agar Aman Lancar dan Sukses

 

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Minggu (24/10/21), melakukan soft launching MTQ XXIX Jatim, di Pendapa Ronggosukowati Pamekasan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenang Jatim, Forkopimda Pamekasan, para alim ulama dari berbagai ormas Islam, serta undangan terkat lainnya.

Ketua Panitia MTQ XXIX Jatim, Ir Totok Hartono MA, mengungkapkan, MTQ XXIX Jatim tahun 2021 di Pamekasan merupakan salah satu media mensyiarkan agama Islam sekaligus upaya penguatan nilai-nilai qurani bagi umat Islam di Jawa Timur, dengan tema “ Al-Quran Spirit Jawa Timur Bangkit”.

Maksud dan tujuannya mendorong tumbuhnya antusiasme masyarakat Jatim untuk membaca mempelajari menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Al Quran. Melahirkan bibit-bibit baru dalam berbagai cabang lomba untuk menjadi duta Jawa Timur dalam MTQ di jenjang yang lebih tinggi.

“Peserta MTQ se- Jatim diikuti oleh 1.300 orang dari 7 cabang lomba dar 24 golongan yang merupakan utusan dari 38 kabupaten kota. Pelaksanaan kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 2 sampai tanggal 11 November 2021 di 12 veneu lomba sesuai dengan cabang lomba yang diikuti,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam sambutannya mengaku bersyukur karena Gubernur Jatim berkenan ke Pamekasan dalam rangka soft launching MTQ, yang juga dirangkai dengan kegiatan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal bagi kalangan siswa SLTA di Pamekasan.

“Atas nama Pemkab Pamekasan, kami menyampaikan terimakasih atas kepercayaan Pemprov mempercayakan kabupaten Pamekasan ini sebagai pelaksana teknis dan tuan rumah dari MTQ XXIX Jatim. MTQ Jatim di kabupaten Pamekasan ini pernah dilaksanakan tahu 1971, 50 tahun lalu walaupun hanya dengan dua tempat,” ungkapnya.

Dalam MTQ Jatim kali ini, lanjut Badrut Tamam, target pemerintah kabupaten Pamekasan meraih empat sukses. Pertama sukses pelaksanaan dan prestasi, kedua sukses protocol kesehatan, sukses ekonomi dan sukses membangun atmosfir qurani.

Sukses protokol kesehatan dengan memastikan keseluruhan peserta harus vaksin mulai pembukaan sampai penutupan. Sukses ekonomi, Pamekasan ingin kegiatan MTQ ini mengangkat produk unggulan daerah yang akan dipasarkan pada pelaksanaan MTQ.
“Nanti di pembukaan sampe penutupan semua harus mengkonsumsi produk UMKM Pamekasan, harapan kita ekonomi reborn pandemic berakhir,” jelasnya.

 

Sukses membangun atmosfir qurani, maksudnya meningkatkan amaliyah diniyah yang cinta kasih, saling tolong menolong, amaliyah diniyah yang mengajak bukan mengejek dan menjadikan Islam yang rahmatan lil alamin.

“Seluruh kantor kecamatan , kantor kepala dinas, akan kita buat murotal, target membangun spirit qurani di hati kita masing-masing, di lampu merah nyanyikan mars MTQ, berikutnya kita akan buka MTQ ini dengan 1.000 khotmil quran di pesantren, agar MTQ ini juga dirasakan seluruh elemen masyarakat,” paparnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan Keputusan Pamekasan sebagai tuan rumah MTQ ini sudah diumumkan pada saat MTQ ke-28 di Tuban. Pada saat itu penyerahan pataka dari kabupaten Tuban ke calon tuan rumah Pamekasan juga telah diserahkan pada tahun 2019 di Alun alun Tuban.

Karena MTQ kali ini berlangsung pada saat pandemi Covid yang belum tuntas, dia berharap kepada semua elemen peserta dari seluruh daerah, peninjau dan relawan wajib mengikuti vaksinasi. Aplikasi peduli lindungi akan disiapkan di masing-masing venue atau tempat lomba. “Saya mohon memberikan doa memberi support agar pelaksanaan ini berjalan dengan baik,” pungkasnya. (mas)

 

baca juga :

PCR Rp 300 Ribu

gas

Pemkot Surabaya Terima Bantuan 5.500 Kotak Vitamin C

Titis Global News

Belum Ada Kebijakan Soal PPDB, Komisi E Minta Orangtua Bersabar

Redaksi Global News