Global-News.co.id
Mataraman Utama

Situs Sendang Kamal Maospati Akan Dikembangkan

Situs Sendang Kamal Kraton, Maospati, Magetan, akan dikembangkan

MAGETAN (global-news.co.id) – Kabupaten Magetan memiliki potensi yang luar biasa. Selain beberapa objek wisata alam yang ada di lereng Gunung Lawu, juga memiliki potensi wisata sejarah, utamanya di kawasan Magetan bagian timur.

Salah satunya adalah situs Prasasti Sendang Kamal. Situs ini, merupakan petirtan kuno yang terletak di Dukuh Sumber, Kel. Kraton, Kec. Maospati. Konon situs ini memiliki kaitan erat dengan Mataram Kuno.

Pemkab. Magetan beserta warga sekitar sadar akan potensi wisata ini. Berbagai upaya telah dilakukan untuk merevitalisasi dan  mengembangkan situs menjadi objek wisata. Seperti halnya pada Minggu (3/10) lalu, diselenggarakan panen raya ikan di situs prasasti tersebut.

Begitu besar animo masyarakat dan pengunjung yang menunggu sekitar 4.000 bibit ikan nila yang disebar sejak Bulan Februari lalu, dipanen bersama Bupati Magetan didampingi OPD terkait.

Ikan hasil panen dijual ke masyarakat atau pengunjung dengan harga jika di pasaran Rp 18 ribu – Rp 20 ribu/Kg, namun kali ini dijual lebih murah dengan harga Rp 15 ribu/Kg dengan pembatasan 1 Kg/orang. Hasil dari penjualan ikan itu digunakan untuk modal awal pengembangan kawasan wisata Sendang Kamal yakni pasar tradisional seperti Sarlondho.

Usai panen, langkah selanjutnya akan dilakukan penyemaian benih ikan nila kembali yang bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Magetan. (kmf, mga)

baca juga :

Gubernur Khofifah Minta Bulog dan BUMN Tingkatkan Serapan Pembelian Beras Petani Jelang Puncak Masa Panen

Titis Global News

Mendag RI Luncurkan Logo dan Maskot Harkonas 2020

Redaksi Global News

2018, STAIN Jadi IAIN Madura

Redaksi Global News