Global-News.co.id
Nasional Utama

Sembilan Kali Berturut-turut Raih Opini WTP, Pemkot Surabaya Terima Penghargaan dari Pemerintah Pusat

Plakat dan piagam penghargaan diterima Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI). Penghargaan ini diraih pemkot karena sudah sembilan kali berturut-turut meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam penyusunan laporan keuangan anggaran.

Secara simbolis, plakat dan piagam penghargaan ini diterima Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam acara penyerahan penghargaan yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Jumat (29/10).

“Penghargaan ini karena sudah kesembilan kalinya pemkot menerima WTP. Alhamdulillah kami bersyukur. Sebenarnya ini kan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah kota,” kata Walikota Eri Cahyadi, Sabtu (30/10).

Ia memastikan, hasil capaian standar tertinggi dalam penyusunan laporan keuangan ini akan terus dipertahankan ke depannya. Meski demikian, ia selalu menekankan kepada seluruh jajarannya, bahwa tujuan akhir dari kerja keras ini bukan dititikberatkan untuk mendapatkan sebuah penghargaan. “Diharapkan tahun depan kita mendapatkan penghargaan lagi. Tetapi sebenarnya, bukan kita titik beratkan pada penghargaannya semata,” ujarnya.

Sebab, bagi dia, capaian ini adalah salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban keuangan pemkot kepada seluruh masyarakat Kota Pahlawan. “Ini juga sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban Pemerintah Kota Surabaya kepada masyarakat Kota Surabaya,” terangnya.

Dalam acara yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi itu, tak hanya Pemkot Surabaya yang menerima penghargaan. Tetapi, ada pula beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur juga turut serta mendapatkan penghargaan yang sama.

“Yang menerima penghargaan ini, bukan cuma Pemerintah Kota Surabaya saja. Tetapi berbagai daerah yang ada di Jatim juga menerima,” ungkap Walikota Eri.

Meski demikian, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu berharap, penghargaan ini dapat menjadi pemicu semangat jajarannya agar terus konsisten meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Utamanya, dalam hal pengelolaan keuangan.

Sekadar diketahui, Kemenkeu RI memberikan penghargaan kepada pemerintah/lembaga sebagai entitas pelaporan keuangan. Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah/lembaga yang telah meraih Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), mulai dari 5 kali berturut-turut, 10 kali berturut-turut, dan 15 kali berturut-turut. (pur)

baca juga :

Samsat Manyar Diserbu Ribuan Wajib Pajak

Redaksi Global News

2020, Luas Panen Padi di Jatim Capai 1,76 Juta Hektare

Redaksi Global News

Selama Pandemi Tahun 2021, PT PWU Jatim Dapat Laba Rp 3 Miliar

Redaksi Global News