Global-News.co.id
Kesehatan Pantura Utama

Resmikan RSNU Babat-Lamongan, Gubernur Khofifah Berharap RS Naik Tipe C

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua NU Jatim, KH Marzuki Mustamar meresmikan RSNU di wilayah Babat, Kab Lamongan (19/10).

LAMONGAN (global-news.co.id) – Dalam upaya memangkas akses kesehatan warga, Pemerintah Kabupaten Lamongan mendapat dukungan dari PC NU Babat dengan mendirikan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU). Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua NU Jatim, KH Marzuki Mustamar meresmikan RSNU di wilayah Babat, Kabupaten Lamongan, Selasa (19/10).

Gubernur Khofifah saat meresmikan RSNU menjelaskan jika RS besutan warga nahdliyin itu bisa membantu percepatan reformasi sistem sosial nasional yang memuat salah satunya adalah kesehatan warga.

“Reformasi sistem sosial, salah satunya sistem kesehatan nasional tingkat provinsi. Di kabupaten/kota juga demikian. Artinya keberadaan rumah sakit juga sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Pembangunan RS yang menelan anggaran Rp 7,4 milyar itu juga tersedia layanan kesehatan antara lain poli umum, poli anak, gigi, kandungan, penyakit dalam (menular), dan poli bedah. Namun, kata Khofifah, statusnya masih tipe D dan jauh dari standar berdirinya fasilitas kesehatan. Untuk itu Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi diminta mendorong pemenuhan syarat agar beralih setidaknya tipe C.

“Ya, harusnya bisa tipe C. Saya lihat tempat tidur dan jumlah kamar masih minim, layanan BPJS kesehatan juga belum bisa terakses. Semoga ke depan bisa lebih dikembangkan,” tambah orang nomor satu di Jatim itu.

Mantan Menteri Sosial itu juga memuji pengendalian Covid-19 di Lamongan yang berhasil menembus PPKM Level 1 nasional. “Ya bukan hanya di Jatim melainkan pertama di tingkat nasional. Saya rasa ini bagus dan untuk pak Bupati, lanjutkan !!” urainya.

Sementara itu, Bupati Yuhronur menanggapi pihaknya akan melakukan pendampingan terkait hal tersebut. Mengingat, sistem kesehatan terintegrasi dengan penuntasan kemiskinan ekstrem melalui program Home Care Service.

“Kualitas layanan kesehatan akan diperbaiki, sarpras bakal terus ditunjang. Kita bergandengan salah satunya dengan RSNU Babat memfasilitasi kesehatan warga,” kata bupati.

Yes–panggilan akrab Yuhronur–juga memaparkan jika Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Lamongan mengalami perkembangan yang pesat. “Alhamdulillah, semua atas kerjasama semua elemen di Lamongan,” ujarnya saat hadir dalam peresmian RSNU Babat. (ins, kmf)

baca juga :

Bantuan Subsidi Gaji/ Upah Pekerja Tahap Dua Diserahkan, Khofifah Berharap Jadi Penguatan Ekonomi di Era Pandemi

Redaksi Global News

Pemkab Sidoarjo Gelar Penyuluhan Bimbingan Jabatan Bursa Kerja Khusus Sekolah Kejuruan

gas

SKK Migas Jabanusa Gandeng PWI Jatim Gelar Lomba Karya Jurnalistik

gas