Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Raih Penghargaan Proklim Lestari, Ketua RW 03 Jambangan: sebagai Penyemangat

Ketua RW 03 Jambangan, Djamaludin (kanan) dan Bu Lurah Jambangan

SURABAYA (global-news.co.id) – Capaian prestasi RW 03 Jambangan dalam lomba Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari tingkat nasional tahun 2021 patut diapresiasi. RW 03 yang masuk Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya meraih penghargaan Kampung Proklim Lestari dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Selain RW 03 Jambangan, ada sembilan Rukun Warga (RW) lain di Kota Surabaya yang juga meraih prestasi, yakni menyabet trofi Proklim Utama masing-masing RW 06 Kelurahan Sambikerep, Kecamatan Sambikerep dan RW 06 Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo.

Sementara tujuh kampung lain mendapatkan sertifikat Proklim Utama yakni RW 01, RW 02, RW 04, dan RW 05 Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan. Kemudian RW 03 Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan, RW 01 Kelurahan Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes, dan RW 02 Kelurahan Bringin, Kecamatan Sambikerep.

Bagi warga Jambangan, prestasi yang diraih itu tak lepas dari kerja keras dan kerja cerdas yang selama ini sudah dilakukan. “Alhamdulillah, apa yang diraih RW 03 Kelurahan Jambangan, adalah buah kerja keras seluruh elemen masyarakat. Kolaborasi semua insan,” kata Ketua RW 03 Jambangan, Ir Djamaludin.

Dikatakan, RW 03 Jambangan meraih pengabdian lingkungan tertinggi dari Kementerian LHK melalui program Kampung Iklim tahun 2021 atas prestasi dalam menata lingkungan di wilayah RW 03 dan 9 RW wilayah binaan di Kota Surabaya berupa trofi dan sertifikat Proklim Lestari.

Foto bersama usai menerima penghargaan

“Semoga prestasi ini sebagai penyemangat dalam menjaga dan merawat lingkungan secara berkelanjutan dan sebagai contoh  RW seluruh Surabaya dan wilayah lainnya agar berbuat seperti keberhasilan 10 RW dalam menjaga lingkungan yang layak sebagai hunian yang sehat, asri dan nyaman,” ujarnya saat dihubungi global-news.co.id, Rabu (20/10).

Selaku Ketua RW 03, Djamaludin juga tak lupa akan peran serta warga masyarakat yang bahu-membahu dan total dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Tanpa mereka apa yang dilakukan RW 03 tidak akan ada hasilnya. Jerih payah akar rumput atau grassroot dalam melestarikan lingkungan hidup adalah wujud peran serta warga.

“Saya ucapkan terima kasih kepada warga RW 03 dan pengurus RT serta kader-kadernya yang selalu konsisten menjaga lingkungan di wilayahnya. Kemudian juga kepada LPMK, Bu Lurah, Bu Camat, DLH Kota Surabaya yang senantiasa men-support penuh kegiatan  Proklim baik Utama maupun Lestari. Semoga yang dilaksanakan bagian dari amal ibadah kita,  Aamiin. Selamat juga buat Kota Surabaya, wilayah yang nyaman sebagai tempat tinggal. Salam bumi pasti lestari,” ujar Ketua RW 03 Jambangan. (edt)

 

baca juga :

Dianggap Tak Sesuai Kesepakatan, Warga Protes Eksekusi Yang Dilakukan Pemkot

Redaksi Global News

Penyakit Penyebab Kematian Bergeser dari Menular ke Tidak Menular

Redaksi Global News