Global-News.co.id
Sport Utama

Pertahankan Juara Umum, Jatim Perkasa di Selam Kolam

Peselam Jatim Bima Dea Sakti Antono meraih medali emas nomor 800 meter surface putra

JAYAPURA (global-news.co.id) – Cabor olahraga (cabor) selam masih menjadi milik kontingen Jawa Timur. Provinsi ini sukses mempertahankan predikat juara umum cabor selam kolam pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, setelah mengumpulkan 12 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu pada lomba di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengprov POSSI) Jawa Timur, Mirza Muttaqien, Kamis (7/10), mengatakan, torehan medali emas itu sesuai dengan target yang dicanangkan dan dibebankan KONI Jatim.

“Selama tiga hari perlombaan selam kolam dari 20 nomor yang dilombakan, Jawa Timur meraih 12 medali emas,” kata Mirza.

Bahkan pencapaian 12 medali emas tim selam Jatim kali ini lebih baik dibandingkan prestasi PON edisi sebelumnya di Jawa Barat tahun 2016. Kala itu, Jawa Timur keluar sebagai juara umum selam kolam dengan koleksi 9 emas, 9 perak, 5 perunggu.

“Pencapaian ini bukan sekadar untuk atlet Jawa Timur, tetapi untuk insan selam Indonesia,” ujar Mirza menambahkan.

Sejak hari pertama lomba selam kolam di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Selasa (5/10), Jatim memang langsung mendominasi. Bahkan, pada hari terakhir, Kamis, dominasi Jatim belum terpatahkan dengan menyabet lima emas dari enam nomor yang dilombakan.

Lima medali emas itu masing-masing dari nomor 800 meter surface putra dan putri, serta 50 meter apnea putra dan putri, serta 4×100 bifin putri.

Berdasarkan laman resmi PB PON, tim DKI berada di urutan kedua dalam klasemen perolehan medali selam kolam dengan 6 emas, 4 perak, dan 2 perunggu. Kemudian, Jawa Barat di urutan ketiga dengan raihan 2 emas, 8 perak, dan 4 perunggu. (ant)

baca juga :

CEO Ruangguru Belva Devara Mundur dari Staf Khusus Jokowi

Redaksi Global News

Hadapi Putaran II, Persiraja Datangkan 16 Pemain Baru dan Satu Pelatih Asing

Redaksi Global News

Wagub Emil Ajak Masyarakat Donor Plasma Konvalesen