Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Pemprov Jatim Dukung Pertamina Kembangkan Pertashop dan Pangkalan LPG di Pesantren

Gubernur Khofifah menyerahkan secara simbolis pendirian pangkalan LPG di Ponpes

SURABAYA (global-news.co.id)  – Melalui peringatan Hari Santri, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, didampingi Wakil Gubernur  Emil Elestianto Dardak dan Regional Retail Manager PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus I Ketut Permadi Aryakumara menyerahkan secara simbolis pendirian 2 pangkalan LPG di Pondok Pesantren (Ponpes). Yakni di Ponpes Darul Fiqhi Lamongan dan Darul Muttaqin Surabaya serta 3 Pertashop di Pondok Pesantren Hasan Genggong Yatim Duafa serta Tebu Ireng di Gedung Negara Grahadi, Jumat (22/10).

Gubernur Khofifah memberikan apresiasi dan mendukung Pertamina dalam mengembangkan unit usahanya di Pondok Pesantren. “Melalui Pertashop dan pangkalan LPG maka program One Pesantren One Product (OPOP) diharapkan dapat berjalan dengan baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pertamina dan akan terus mendukung program tersebut,” ujar Khofifah seperti dikutip dalam siaran resmi Pertamina  yang diterima redaksi, Jumat (22/20).

Pendirian Pertashop di Pondok Pesantren merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN melalui Pertamina. Menurut Area Manager Communication Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Deden Mochammad Idhani, Pondok Pesantren merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan dan mengembangkan ekonomi umat.

“Sesuai dengan arahan dari Kementerian BUMN, pembangunan Pertashop di Pesantren menjadi salah satu tujuan utama sebagai sarana membuka lapangan kerja dan peningkatan ekonomi umat. Target pembangunan Pertashop di pondok pesantren sebanyak 1.000 unit dari total target yang diminta yaitu 10.000 unit Pertashop setiap tahunnya,” ungkap Deden.

Deden menambahkan, selain membuka lapangan kerja dan peningkatan ekonomi umat, pendirian Pertashop di pondok pesantren diharapkan dapat menjadi sarana kemandirian ekonomi. “Dengan adanya lapangan usaha di pondok pesantren, para santri diharapkan terbangun jiwa wirausahanya sehingga kemandirian ekonomi umat dapat tercapai,” tambahnya.

Pertamina sebagai salah satu BUMN yang bertanggung jawab dalam penyediaan migas, juga memiliki tanggung jawab ikut menggerakkan ekonomi daerah. ”Kami akan mendukung program pendirian Pertashop di lingkungan pesantren, agar ekonomi pesantren bisa menjadi lebih mandiri,” pungkas Deden. (tis, fan)

baca juga :

Pemkot Surabaya Siapkan Lahan BTKD Lakarsantri Jadi Pusat Agrowisata

Redaksi Global News

Hadapi Tantangan Ekonomi 2023, Wagub Emil Ajak Dekranasda Jatim Siapkan UMKM

Redaksi Global News

Haji: PPIH Embarkasi Surabaya Terapkan Layanan Satu Atap