Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Para Pemimpin KTT G20 Sepakat Capai Target Vaksinasi Global 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (foto: BPMI)

JAKARTA (global-news.co.id) – Para pemimpin negara-negara G20 membahas upaya bersama untuk keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19, baik krisis kesehatan maupun krisis ekonomi.

Para pemimpin  menyetujui dan menyampaikan pandangan tentang pentingnya mencapai strategi global vaksinasi yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, dalam keterangan tertulisnya di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, pada Sabtu (30/10) waktu setempat, seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma.

“Para  leader  juga menyampaikan pandangan perlunya melakukan vaksinasi 40 persen pada akhir 2021, 70 persen pada pertengahan 2022. Ini sebenarnya adalah global strategy yang diberikan oleh WHO yang didukung para leader dari G20,” ujar Menlu Retno.

Hal lain yang banyak disinggung oleh para pemimpin adalah kerja sama erat antara menteri keuangan dan menteri kesehatan.

Selain itu juga dengan organisasi internasional WHO, Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), dan organisasi lainnya termasuk ketersediaan dana dalam menghadapi pandemi.

Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya menekankan pentingnya penguatan arsitektur kesehatan global inklusif yang berpegang teguh pada prinsip solidaritas, keadilan, transparansi, dan kesetaraan.

Sebelumnya, Meksiko menyatakan dukungannya terhadap keketuaan Indonesia di G20 untuk 2022.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Meksiko, Marcelo Ebrard Casaubon, menyampaikan hal itu saat bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi, menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia, pada Jumat waktu setempat (29/10).

Dengan mengambil tema besar “Recover Together, Recover Stronger” untuk keketuaannya di G20, Menlu Retno menegaskan Indonesia akan memberikan perhatian besar terhadap kepentingan negara berkembang. (IP, ins)

baca juga :

Gesits, Skuter Listrik Buatan Mahasiswa ITS

Tak Terserap Tuntas, Anggaran Bidang Kesmas Bisa Dialihkan Untuk Kesehatan

gas

Rumuskan Pemenangan Pemilu 2024, PPP Jatim Adakan Muscab Serentak

Redaksi Global News