Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Luncurkan Swargaloka, Pemkot Surabaya Dekatkan Layanan Adminduk ke Warga

Walikota Eri didapuk jadi narasumber perdana di Podcast Swargaloka

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya terus berinovasi meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kota Pahlawan ini. Terbaru, Walikota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Media Publikasi Suara Warga Mengelola Kebutuhan Adminduk (Swargaloka) yang dibuat oleh Dispendukcapil Kota Surabaya.

Peresmian Media Publikasi Swargaloka tersebut, digelar di Mal Pelayanan Publik Siola Lantai 3 Kota Surabaya, Rabu (27/10). Tidak hanya itu, Walikota Eri juga didapuk menjadi narasumber perdana di Podcast Swargaloka, yang juga disiarkan oleh Radio Suara Surabaya.

Eri mengatakan, Swargaloka ini merupakan media publikasi yang berkaitan dengan informasi seputar pelayanan Adminduk di Kota Surabaya. Nantinya, informasi pelayanan tersebut bisa diakses oleh masyarakat Kota Surabaya melalui media sosial (Medsos), yakni YouTube, Instagram, Twitter, hingga Spotify.

“Alhamdulilah kita meluncurkan Swargaloka, yaitu Suara Warga Mengelola Kegiatan Adminduk. Ini yang membuat saya semakin yakin, bahwa pelayanan kependudukan bisa berhenti di tingkat kelurahan. Bila hal itu tercapai, berarti semua pelayanan sudah dekat dengan masyarakat. Nantinya akan beralih menggunakan aplikasi online,” kata Walikota Eri.

Ia berharap dengan adanya  Swargaloka, akan lebih memudahkan jalinan komunikasi antara Pemkot Surabaya dengan masyarakat terkait pelayanan Adminduk, agar lebih mudah mendengarkan aspirasi warga. Sebab, pada Januari 2022, Walikota Eri mengaku, warga Kota Surabaya diharapkan sudah bisa mengakses pelayanan Adminduk melalui aplikasi online.

“Insyaallah per 1 Januari 2022, warga bisa mendapat pelayanan Adminduk cukup menggunakan aplikasi online. Jadi bisa diakses di rumah atau di mana saja,” ujar dia.

Pemkot Surabaya melalui Dispendukcapil telah memiliki aplikasi Kalimasada, yakni aplikasi yang memudahkan warga untuk mendapat pelayanan Adminduk dan akan memberikan pelatihan di tingkat RT terkait aplikasi tersebut.

Walikota Eri mengaku, saat menghadiri kegiatan cangkrukan di Balai RW X, Kelurahan Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo Selasa (26/10), ia mendapati Ketua RT yang mengaku mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan Adminduk melalui aplikasi online. Tetapi, juga terdapat Ketua RT yang sudah sering menggunakan layanan tersebut untuk membantu memasukkan atau melakukan perubahan data warganya.

“RT yang sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut nanti akan membantu kami menjadi mentor untuk RT yang lainnya. Sehingga untuk warga Kota Surabaya memiliki rasa memiliki dan gotong-royong,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, peluncuran Media Publikasi Swargaloka tersebut, terinspirasi dengan sosial media yang dimiliki oleh Humas Pemkot Surabaya. Serta, menjadi salah satu cara mendekatkan pelayanan Adminduk kepada masyarakat.

Agus mengaku tengah menyiapkan 3 (tiga) langkah strategis untuk aplikasi online yang akan diakses oleh masyarakat Kota Surabaya Januari 2022 mendatang. Pertama ia akan menyiapkan peraturan, karena tidak semua warga bisa melakukan layanan online secara mandiri. Kedua, menyiapkan sistem aplikasi, dan ketiga adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dari warganya. (pur)

baca juga :

Dapat Tambahan dari Kemenkeu, KKP Siap Kucurkan Rp 474,9 M untuk Nelayan

Redaksi Global News

Bandara Juanda Bakal Terapkan Aturan Baru Perjalanan Udara

Target Beasiswa Santri Naik, Hingga Tahun 2021 Menjadi 8.502 Orang

gas