Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Lunasi Nadzar Juara Proklim Lestari, Jajaran RW 03 Jambangan Nyemplung Buzem

Para pengurus dan tim usai nyemplung buzem

SURABAYA (global-news.co.id) – Sukses RW 03 Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, meraih penghargaan Kampung Proklim Lestari dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) patut disyukuri. Bahkan Ketua RW 03, Ir Djamaludin, dan jajarannya melunasi nadzar dengan nyemplung buzem di lingkungan RW 03, Minggu (24/10) siang.

Setidaknya ada 10 orang yang ikut berendam di buzem atau waduk yang terletak di area kompleks Graha Semanggi/Balai RW itu. Dua di antara mereka adalah perempuan. Mereka adalah sebagian pengurus RW dan perwakilan RT yang ada di lingkungan RW 03 Kelurahan Jambangan.

“Ini memang nadzar kami ketika mulai proses persiapan hingga.penilaian lapangan, kami punya nadzar kalau bisa meraih penghargaan atau juara, kami para tim ini akan nyemplung di buzem ini. Ya ini harus kita lakukan, sebagai wujud merealisasikan nadzar,” kata Ketua RW 03, Djamaludin.

Satu persatu personel turun ke buzem yang cukup dalam itu. Beberapa memakai pelampung tubuh, tapi sebagian di antaranya yang tidak memakai pelampung harus nggandol lonjoran bambu. Ada setidaknya dua bambu sebagai alat bantu bagi mereka agar tidak tenggelam.

Sekitar setengah jam lebih para pengurus dan tim itu mengapung di buzem. “Ya lumayanlah, seger. Kungkum (berendam) di buzem. Meski proses dan perjalanan kami lalui dengan susah payah, akhirnya lega karena kita bisa meraih penghargaan,” lanjut Djamaludin.

Proses raihan penghargaan Kampung Proklim Lestari bagi RW 03 dirasakannya cukup berat, karena pihaknya juga ada beban tanggung jawab harus membina sepuluh RW lain di Surabaya. Baik itu mulai pengadministrasian maupun kesiapan di lapangan.

Mereka memenuhi nadzar nyemplung buzem

Setidaknya sekitar satu setengah tahun lebih persiapan dan proses menuju penilaian itu dilakukan. “Kami kerap pulang larut malam lo, demi mewujudkan semuanya ini. Tapi itu terbayar lunas dengan perolehan penghargaan ini,” tambah Mamik, Bendahara RW 03.

Usai nyemplung dan berendam di buzem, mereka foto bersama dengan latar belakang buzem dan taman/kebun yang ada di kompleks tersebut. Keceriaan tampak dari wajah-wajah mereka disertai tawa renyah.

Seperti diketahui, Kota Surabaya mendapatkan penghargaan Kampung Proklim Lestari dari KLHK RI yakni melalui RW 3 Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan. Sedangkan yang mendapatkan trofi Proklim Utama, ada dua kampung, yakni RW 6 Kelurahan Sambikerep, Kecamatan Sambikerep dan RW 6 Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo.

Sedangkan tujuh kampung lain yang mendapat Sertifikat Proklim Utama adalah RW 1, RW 2, RW 4 dan RW 5 Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan. Kemudian, RW 3 Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan dan RW 1 Kelurahan Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes, dan RW 2 Kelurahan Bringin, Kecamatan Sambikerep. (edt)

baca juga :

Liga 3 Zona Jatim, Polisi Dalami Dugaan Pengaturan Pertandingan

Redaksi Global News

Badrut Tamam Launching Mobil Sehat dan Pamekasan Call Care (PCC) 

gas

Workshop Pengembangan Literasi Bagi Guru dan Kepala SD

gas