Global-News.co.id
Sport Utama

Jatim Berkuasa di Nomor Boulder Putra, Jabar Rebut Emas Lead Putri

Atlet panjat tebing Jatim, Aan Aviansyah saat beraksi di final panjat tebing boulder tim putra (1/10)

MIMIKA (global-news.co.id) – Tim panjat tebing Jawa Timur menguasai nomor boulder lewat penampilan Aan Aviansyah. Sedangkan Provinsi Jawa Barat menambah koleksi medali emas melalui aksi Widia Fujiyanti pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Selasa (5/10).

Aksi Bim Sigrid hanya mampu membuat Jawa Barat meraih medali perunggu dalam pertandingan final nomor boulder perorangan putra, Senin (4/10). Bim berhasil memanjat sampai puncak dua kali, di zona pendakian pendek/boulder satu dan boulder empat (B1 dan B4).

Namun, ia masih kalah dari dua atlet panjat tebing asal Jatim Aan Aviansyah dan Khoirul Anam yang masing-masing meraih medali emas dan perak dalam pertandingan final boulder perorangan putra.

Aan Aviansyah keluar sebagai juara pertama setelah mencapai puncak sebanyak tiga kali di zona boulder dua, tiga, dan empat (B2, B3, dan B4).

Sementara Khoirul Anam mencapai puncak dua kali di zona boulder satu dan dua (B1 dan B2), serta unggul satu poin zona dari Bim Sigrid yang hanya meraih poin di tiga zona, sedangkan Khoirul meraih poin di empat zona boulder.

Sedangkan Widia menambah satu medali emas lewat penampilan yang memukau penonton di tribun pertandingan final lead perorangan putri di Arena Panjat Tebing SP2 Mimika.

Wiwi–sapaan akrabnya–nyaris menyentuh titik panjatan puncak di babak final lead perorangan putri jika tidak kehabisan waktu pemanjatan. Kendati tidak menyentuh puncak (top), dara kelahiran Bogor, 5 Januari 1999 itu tetap dinobatkan sebagai juara usai mencapai titik panjatan yang bernilai 46.

Wiwi mengalahkan Salsabila dari Jawa Barat yang menjadi peraih medali perak di nomor lead perorangan putri. Sabila, sebagaimana ia disapa, tercatat memanjat hingga titik yang bernilai 24+.

Di posisi ketiga, atlet tuan rumah Papua, Triara Putri Raudhah, keluar sebagai peraih medali perunggu yang memanjat hingga titik panjat yang bernilai 23.

Ketua I Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Rudy Fitriano, mengatakan, upacara penghormatan pemenang kedua nomor tersebut dilangsungkan pada Rabu (6/10).

Dengan tambahan medali ini, Jawa Barat berhasil naik ke peringkat dua klasemen sementara untuk panjat tebing dengan pencapaian satu medali emas, dua medali perak, dan empat perunggu.

Posisi teratas klasemen sementara masih dihuni Jawa Timur dengan empat emas dan tiga perak. Jawa Timur juga masih berpeluang menambah koleksi medali emas dari nomor lead campuran (mix) yang pertandingan finalnya berlangsung Selasa (5/10) ini. (ant)

baca juga :

Lengkapi Komposisi Pemain, Arema FC Rekrut Duo Persis Solo

Redaksi Global News

Ditangani Ole Gunnar Solskjaer, MU Bukan Tim Kolektif tapi Tim Individual

Redaksi Global News

Peringatan Tsunami, Jepang Minta Warga Enam Prefektur Mengungsi

Redaksi Global News