Global-News.co.id
Metro Raya Utama

HSN, Walikota Eri Ajak Santri Jadi Garda Depan Penggerak Ekonomi

Walikota Eri memberikan penghargaan kepada para santri berprestasi

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya menggelar upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Jum’at (22/10) sore. Peringatan HSN pada tahun 2021 ini, mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa Raga”.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi bertindak sebagai inspektur upacara. Kegiatan ini juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya. Di antaranya, Danrem 084/Bhaskara Jaya, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan.

Hadir pula, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Anton Elfrino Trisanto, perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya dan Kejari Tanjung Perak serta Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Surabaya.

Upacara diikuti berbagai organisasi mahasiswa maupun organisasi masyarakat di Surabaya. Di antaranya, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) hingga Fatayat NU Surabaya,

Dalam amanatnya, Walikota Eri menyampaikan, penetapan HSN setiap tanggal 22 Oktober, merujuk pada tercetusnya ‘Resolusi Jihad’ yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. “Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan,” kata Walikota Eri.

Perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan saat itu tidak lepas dari peran serta santri dan ulama. “Saat itu, Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari menyampaikan Resolusi Jihad. Sehingga munculah 10 November pertempuran dan itulah yang terus akhirnya kita bisa pertahankan kemerdekaan,” katanya.

Bagi Walikota Eri, doa para santri dan ulama dengan disertai ikhtiar lahir dari Forkopimda Surabaya, terbukti ampuh menekan kasus Covid-19. Hasilnya, kasus Covid-19 di Kota Pahlawan terus melandai dan PPKM di Surabaya berada di Level 1.

Maka dari itu, di momen Peringatan HSN ini, Walikota Eri kembali mengajak para santri kembali bergotong-royong menjadi garda depan sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat. Sebab, sekarang ini sudah saatnya roda ekonomi di Surabaya berputar.

Ia meyakini, ketika seluruh elemen masyarakat bergotong-royong dan berjuang bersama, maka pergerakan ekonomi di Surabaya dapat segara normal. Apalagi, perjuangan ini didukung ikhtiar lahir dan disertai doa dari para santri dan ulama.

Walikota Eri juga memberikan penghargaan kepada para santri berprestasi serta warga yang telah berjasa dalam memajukan pembangunan Kota Pahlawan. Menurutnya, kalau dulu perjuangan para santri mempertahankan kemerdekaan, maka sekarang ini adalah melawan Covid-19 dan aktif berperan dalam pembangunan. (pur)

baca juga :

Tak Capai Target, Kadis Kominfo Surabaya Beserta Jajaran Harus Siap Mundur

Puncak Musim Hujan Diprediksi hingga Maret

Redaksi Global News

DPRD Nilai Jika Kinerja Setahun Tak Bagus, Sekda Surabaya Bisa Diganti

Redaksi Global News