Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Hari Pertama Uji Coba KBS, Sekitar 2000 Pengunjung Manfaatkan Akhir Pekan

Foto udara tampak gerbang masuk KBS

SURABAYA (global-news.co.id) – Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) mulai melakukan uji coba beroperasinya Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu (3/10). Pada uji coba hari pertama ini, PDTS mencatat ada sekitar 2000 pengunjung yang memanfaatkan akhir pekan di KBS.

Dalam uji coba hari pertama, Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji didampingi Direktur Utama (Dirut) PDTS KBS, Choirul Anwar, terlihat menelusuri rute bersepeda di KBS dan melihat kondisi sejumlah satwa. “Alhamdulillah pada hari ini Kebun Binatang Surabaya telah buka kembali dengan kapasitas 25 persen dari kondisi normal,” kata Wawali Armuji.

Ia juga menyampaikan, pada uji coba pertama, ikon wisata Kota Surabaya tersebut juga menyediakan tempat vaksinasi sebanyak 1000 dosis. Vaksinasi ini bagi pengunjung baik warga KTP Surabaya atau luar kota. “Kebun Binatang Surabaya juga telah menyiapkan 85 Satgas Mandiri Covid-19, sehingga dapat mengingatkan warga agar terus mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Sesekali, Wawali Armuji juga terlihat berinteraksi dengan para pengunjung dan membagikan masker kepada mereka. Animo masyarakat pun terbilang cukup tinggi untuk mengunjungi KBS di akhir pekan ini.

Wawali Surabaya, Armuji didampingi Dirut PDTS KBS, Choirul Anwar, menyusuri rute bersepeda

Sementara itu, Humas PDTS KBS, Agus Supangat menjelaskan, selama uji coba ini pihaknya membatasi maksimal kuota kunjungan per harinya 5000 wisatawan. Ini sebagaimana telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Kemenparekraf yang menerapkan pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas.

“Pembatasan 25 persen dari kapasitas normal. Jadi kita sediakan 5000 kuota per harinya. Ini kita bagi sesi-sesi, kalau terlalu padat, nunggu yang lainnya keluar. Jadi kita juga lihat kondisi di dalam,” kata Agus Supangat.

Ia mengungkapkan, pada uji coba hari pertama, ada sekitar 2000 masyarakat yang berwisata ke KBS. Jumlah wisatawan ini sudah termasuk dengan pengunjung yang memanfaatkan gowes akhir pekan di KBS mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB.

Karena bertepatan pada hari Minggu, maka PDTS KBS juga memulai uji coba program gowes. Bahkan, beberapa program lain terkait olahraga juga diuji-cobakan. Khusus untuk olahraga, seperti gowes, dibuka mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB. Sedangkan pengunjung umum, dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

“Karena hari minggu, kita coba juga program gowes. Selama uji coba ini kita buat program-program yang berbau olahraga mengajak masyarakat untuk lebih sehat. Seperti gowes, jogging track, nanti kita juga ada tambah lagi dengan senam,” ujarnya.

Akan tetapi, Agus juga memastikan, bahwa setiap pengunjung yang akan memasuki area KBS, diwajibkan menginstal aplikasi PeduliLindungi. Di samping mereka juga diharuskan mematuhi protokol kesehatan selama berada di area wisata KBS. “Untuk anak-anak diberikan kesempatan masuk, tapi dengan syarat orang tuanya sudah vaksin dan wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti pakai masker dan menjaga jarak,” katanya.

Dari hasil evaluasi hari pertama, Agus menerangkan, banyak di antara pengunjung yang sudah melakukan vaksinasi namun belum menginstal aplikasi PeduliLindungi. Makanya kemudian Satgas Covid-19 mandiri yang berjaga di depan pintu masuk membantu mereka untuk menginstal aplikasi tersebut.

Tetap jalankan prokes ketat

Karena itu, PDTS KBS menyiagakan sedikitnya 85 Satgas Covid-19 mandiri yang disebar ke beberapa titik lokasi. Termasuk berada di pintu masuk maupun berpatroli keliling untuk mengingatkan pengunjung agar mematuhi protokol kesehatan. “Ada 85 petugas yang disebar. Ada di depan (pintu masuk), belakang dan patroli berkeliling. Istilahnya ada Satgas Covid-19 mandiri, mereka mengingatkan prokes,” terang Agus.

Selama dilakukan uji coba, Agus juga menyebutkan, bahwa PDTS belum mengoperasikan wahana yang ada di dalam area KBS. Di antaranya, wahana tunggang gajah, wahana animal edutainment, feeding time, wahana akuarium maupun program wisata air.

“Termasuk stand penjual makanan di dalam KBS juga belum diperbolehkan buka. Jadi semua wahana dan stan-stan di dalam masih belum. Pengunjung hanya diperbolehkan masuk saja selama uji coba ini,” imbuhnya.

Meski begitu, pihaknya menyatakan akan terus melakukan evaluasi secara berkala selama pelaksanaan uji coba ini. Evaluasi juga untuk memastikan uji coba KBS berjalan aman dan lancar. Dan, yang lebih penting adalah setiap pengunjung yang datang ke KBS disiplin menerapkan protokol kesehatan. (pur)

baca juga :

Penimbangan Jadi Langkah Awal Program Perbaikan Gizi Anak

Titis Global News

IPAL, Solusi Atasi Pencemaran Sungai di Surabaya Yang Dipenuhi Busa

Redaksi Global News

Pemanfaatan Ruang Pesisir dan Laut Butuh Kolaborasi Banyak Pihak

Redaksi Global News