Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Tapal Kuda Utama

Hari Kopi Sedunia, Wagub Emil Dorong Milenial Re-branding Profesi Petani

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat berkunjung ke Desa Wisata Kopi Sidomulyo

JEMBER (global-news.co.id) – Memperingati Hari Kopi Sedunia setiap 1 Oktober, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak memberikan dukungan para petani kopi muda, sekaligus mendorong regenerasi petani kaum milenial.

“Anak muda sebaiknya tidak kehilangan minat menjadi petani. Petani adalah salah satu pekerjaan yang berpengaruh pada banyak sektor kehidupan lainnya,” kata Wagub Emil saat bertandang ke Desa Wisata Kopi Sidomulyo, Kecamatan Silo, Jember, Sabtu (2/10).

Wagub mengatakan, Jatim memiliki jutaan generasi muda di wilayah pedesaan yang ilmunya memadai untuk memajukan daerah tersebut. Ini utamanya dapat dilakukan dengan memberi kesan baru terhadap tradisi lama.

“Salah satu usaha penting dalam memajukan daerah-daerah suburban adalah dengan memberi perbaruan elemen-elemen yang sudah ada, seperti pads profesi petani,” ungkap Emil.

Hal ini contohnya dalam membentuk pandangan baru soal petani, bahwa bercocok tanam tidak selalu identik  dengan pekerjaan yang berpenghasilan kecil dan kuno. “Ini menjadi penting karena profesi sebagai petani dapat di-re-brand menjadi sesuatu yang baru dan milenial,” urainya.

Pihaknya juga menegaskan, usaha perbaruan ini harus dimulai dari dalam diri sendiri. Generasi muda , menurutnya, tidak boleh menjadi petani semata karena keterbatasan. Melainkan karena pilihan dan motivasinya sendiri. “Kegiatan bertani itu bukan sesuatu yang remeh. Petani juga adalah profesi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Emil menegaskan, bersama Pemprov Jatim, pihaknya senantiasa memberikan wadah melalui forum Generasi Milenial Cemerlang (Gemilang) bisa mengembangkan usahanya. Lewat wadah inilah, para anak muda yang ingin mengembangkan potensi desanya bisa memperluas jaringan mereka, membangun bisnis, dan memaksimalkan potensi produk-produk lokal.

Tak berhenti di situ, sebagai bentuk dukungan langsung terhadap para petani milenial, Wagub Emil pun memberikan 5.000 bibit kopi untuk petani kopi di Desa Sidomulyo, Jember.

Wagub Emil ikut menanam kopi Arabika

Bersama Kepala Bakorwil Jember, Imam Hidayat dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Jember, Imam Sudarmadji, Emil menyempatkan terjun dalam proses penanaman bibit kopi arabika di ketinggian 1.150m.

Wagub Emil berharap bantuan bibit ini dapat memotivasi generasi muda untuk mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan desa mereka. “Dengan ini, anak-anak muda kita harap punya semangat untuk mendorong produktivitas. Jatim bisa mengembangkan kawasan ini menjadi pusat pengembangan komoditas Arabika,” harapnya.

Mantan Bupati Trenggalek ini menyempatkan waktu berkeliling di desa yang dikenal dengan kampung kopinya itu. Emil turut melihat proses penggilingan serta pengemasan kopi yang dikelola oleh sinergi dari Koperasi Ketakasi Kopi dan Gemilang.

Emil optimistis, petani kopi milenial bukan hanya sukses melakukan re-branding, tapi juga mengembangkan bibit arabika yang telah diberikan. Mulai dari perawatan hingga pemasaran secara lokal dan internasional.

Suwarno selaku Ketua Tani dan Koperasi Ketakasi Kopi pun turut mengapresiasi bentuk dukungan Emil bersama Pemprov Jatim.B”Bentuk dukungan seperti ini membantu masyarakat Desa Sidomulyo lebih semangat berkarya demi peningkatan taraf hidup masyarakat,” kata Suwarno. (ant, ins, ebe)

baca juga :

Hingga November 2020, Pembangunan JLS Jatim Capai 56,73%

Redaksi Global News

Update Kasus Corona: 4.839 Positif dan 459 Meninggal

Redaksi Global News

Sriwijaya Air SJY 182 Jakarta – Pontianak Hilang Kontak, Bawa 56 Penumpang

Redaksi Global News