Global-News.co.id
Metro Raya Nasional Utama

Gubernur Khofifah dan Dubes Arab Saudi Bahas Vaksin Jamaah Umrah

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membahas vaksinasi virus corona (Covid-19) bagi jamaah umrah saat menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed al-Thaqafi.

“Beliau menyampaikan dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan kita. Supaya bisa dibangun koneksi bagaimana vaksinasi Covid-19 yang telah diterima oleh masyarakat di Indonesia bisa terkoneksi dengan aplikasi di Arab Saudi,” katanya usai melakukan pertemuan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (12/10) malam.

Dubes Essam mengungkapkan di Arab Saudi menggunakan vaksin merek Astra Zeneca, Pfizer, Moderna dan Jhonson & Jhonson.

Gubernur Khofifah menjelaskan bahwa masyarakat Jawa Timur juga banyak yang menggunakan vaksin AstraZeneca, yaitu sekitar 1,5 juta orang. Menurut Mantan Menteri Sosial itu, masyarakat di Jawa Timur telah terlebih dahulu menggunakan vaksin Astra Zeneca sebelum digunakan oleh provinsi lainnya.

“Tapi, beliau tadi juga menyampaikan secara spesifik bahwa vaksin Sinovac juga sudah disetujui Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Jadi sudah tidak ada masalah. Tapi, Kementerian Kesehatan Arab Saudi masih akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI,” ujarnya.

Essam mengaku senang kunjungannya di Jawa Timur mendapatkan sambutan yang luar biasa. “Alhamdulillah, kita hari ini rombongan dari kedutaan dijamu dengan baik. Kami tadi telah membicarakan banyak hal,” katanya.

Selain membahas tentang rencana pembukaan haji dan umrah, dalam pertemuan dengan Gubernur Khofiah, Essam menyampaikan keinginannya untuk membuka kantor konsulat Arab Saudi di Surabaya.

“Kami ingin segera merealisasikan pembukaan kantor konsulat di Surabaya. Kami juga akan berusaha meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan. Semoga pandemi Covid-19 segera mereda dan semua bisa pulih dan normal, sehingga realisasi kegiatan yang telah kami bicarakan tidak terhambat,” ucapnya. (ant)

baca juga :

Truk Hajar Kerumunan Orang seperti Bola Tabrak Pin Bowling

Redaksi Global News

Gubernur Jatim Tunjuk Sekda Hendro Gunawan sebagai Plh Walikota Surabaya

Titis Global News

Menteri BUMN Dorong Kemitraan Strategis Pertashop, Targetkan 10.000 Unit di Seluruh Indonesia

Redaksi Global News