Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Tapal Kuda Utama

Dukung Potensi Kopi Lumajang, Disnaker Gelar Pelatihan Barista

Pelatihan barista oleh Disnaker Lumajang

LUMAJANG (global-news.co.id) – Selama lima hari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lumajang menyelenggarakan pelatihan barista. Kegiatan yang digelar di Balai Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro itu berlangsung mulai 11 hingga 15 Oktober 2021.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lumajang, Abdul Majid, mengatakan pelatihan barista tersebut dilaksanakan untuk mendukung potensi kopi yang ada di Kabupaten Lumajang.

“Saya terinspirasi karena Lumajang potensi kopinya luar biasa, harapannya nanti muncul wirausaha-wirausaha baru, karena tugas Disnaker selain mengurangi pengangguran juga menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya, Kamis (21/10).

Dijelaskan Abdul Majid, pelatihan tersebut menggunakan anggaran dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) sehingga peserta yang dilibatkan dalam pelatihan harus merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

Agar berdampak signifikan bagi para peserta, narasumber sengaja dihadirkan dari praktisi yang sudah profesional dan berkompeten di bidang kopi.

Abdul Majid berharap setelah dilaksanakan pelatihan akan lahir para pengusaha kopi yang mampu meningkatkan kualitas Kopi Lumajang.

“Harapannya nanti banyak pemain baru atau pemain lama punya ilmu untuk meracik kopi lebih baik, memilih kopi yang baik dipanen, kopi itu harus konsisten dalam penyajiannya,” kata dia. (kmf, uja)

baca juga :

Peserta WUB Akan Dilatih Teknis Pengemasan dan Pemasaran

gas

Satgas Kontingen Jatim Minta Pemkot Surabaya Pertimbangkan Aturan Karantina

Redaksi Global News

Korea Open 2023: Tampil Impresif, Dejan/Gloria Lolos ke 16 Besar