Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

Dispendik Surabaya Siapkan Kelas Khusus Pelajar SD-SMP Ber-IQ di Atas Rata-rata

Pemkot Surabaya siapkan program kelas khusus bertajuk “Free Extraordinary You”

SURABAYA (global-news.co.id) – Pendidikan anak-anak Surabaya mendapatkan perhatian lebih. Bahkan
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) sedang menyiapkan program kelas khusus bagi pelajar SD-SMP yang memiliki IQ di atas rata-rata. Kecuali itu Dispendik juga concern memberikan perhatian kepada anak berkebutuhan khusus atau inklusi.

Kepala Dispendik Kota Surabaya, Supomo mengatakan, selama ini Pemkot Surabaya sudah concern menangani anak-anak berkebutuhan khusus atau inklusi. Sekarang ini, pihaknya berencana  memberikan perhatian lebih kepada anak-anak yang memiliki IQ di atas rata-rata.

Ia menjelaskan, peserta kelas khusus ini berasal dari para pelajar SD-SMP baik swasta maupun negeri di Kota Surabaya. Namun, sebelum mengikuti kelas khusus, para pelajar ini akan dilakukan seleksi dan tes secara bertahap.

“Tesnya nanti bertahap, mulai Tes Potensi Akademik (TPA) hingga Tes IQ. Baru setelah itu mereka mengikuti pembelajaran. Karena itu, SD-SMP seluruh Surabaya silahkan mengirimkan anak-anak terbaiknya, kemudian nanti kita pilih,” katanya.

Supomo juga memastikan, kelas khusus ini tidak akan mengganggu waktu pelajaran normal di sekolah. Sebab, pelaksanaannya berlangsung di luar jam sekolah. Nantinya, kelas khusus akan diisi sekitar 15-20 anak dan akan terbagi di wilayah Surabaya Utara, Timur dan Barat. “Nanti kita lihat juga potensi anak-anak itu bagaimana,” paparnya.

Rencananya, program kelas khusus bertajuk “Free Extraordinary You” tersebut, akan dimulai November 2021. Saat ini, Supomo mengaku, pihaknya sudah mulai melaksanakan tahapan seleksi kepada para pelajar Surabaya. “Ini sudah mulai tesnya (seleksi). Insya Allah awal November 2021 sudah pelaksanaan,” ujarnya.

Menariknya, dalam program kelas khusus ini, Dispendik Surabaya juga bekerjasama dengan Prof Yohanes Surya. Seorang fisikawan Indonesia itu selama ini dikenal sebagai pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI.

Nantinya, kata Supomo, Prof Yohanes tak hanya memberikan pembelajaran bagi para pelajar peserta kelas khusus. Tapi, juga memberikan pembinaan kepada tenaga pendidik dalam program tersebut agar mereka memiliki kemampuan yang lebih dan terarah.

Supomo berharap, melalui program kelas khusus tersebut, kemampuan anak-anak Surabaya yang memiliki IQ di atas rata-rata dapat semakin terasah. Karenanya, Dispendik Surabaya terus berkomitmen menyediakan wadah atau fasilitas untuk mengasah kemampuan anak-anak Surabaya.

Ia menambahkan,  pelajaran di kelas khusus nantinya tak fokus pada bidang eksak saja. Melainkan, beberapa bidang lain atau non-eksak yang tentu disesuaikan dengan intelektual para peserta. (pur)

baca juga :

Bupati Muhdlor Dorong Banyak Kajian Publik demi Majukan Sidoarjo

Redaksi Global News

Menyelesaikan 70 Kasus, Arbitrase Kota Surabaya Pernah Dapat Peringatan dari Arbitrase Center

Redaksi Global News

Wawali Berharap Warga Surabaya Manfaatkan BLT BBM dengan Benar

Redaksi Global News