Global-News.co.id
Politik Utama

Digelar Secara Hybrid, Pemilihan Ketua Baru PWI Jatim pada 17 November 2021

Ketua Panitia Pelaksana Konferensi PWI Jatim, Machmud Suhermono

SURABAYA (global-news.co.id) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur dijadwalkan menggelar pemilihan ketua baru periode 2021-2026 di Surabaya ‪pada 17 November‬. Hal itu, seiring dengan berakhirnya kepengurusan lama masa bakti 2016-2021 ‪pada 19 November‬ mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana Konferensi PWI Jatim, Machmud Suhermono, Minggu (24/10), menjelaskan kegiatan konferensi akan dilaksanakan secara hybrid, yakni gabungan tatap muka terbatas dan dalam jaringan (online) dengan aplikasi zoom meeting, mengingat masih adanya pembatasan peserta kegiatan di masa PPKM level 1.

Secara keseluruhan ada lebih kurang 350-an anggota PWI Jatim yang terdata memiliki hak suara dan tidak semuanya bisa ditampung di lokasi konferensi. “Jadi, anggota biasa yang punya hak pilih diundang datang langsung, sementara anggota muda mengikuti konferensi secara online,” katanya melalui keterangan pers.

Anggota PWI yang punya hak suara tetapi tidak dapat hadir tetap bisa mengikuti konferensi secara daring (online) dan menyalurkan hak suaranya menggunakan surat kuasa bermaterai yang dititipkan kepada perwakilan pengurus atau anggota PWI kabupaten/kota yang menghadiri konferensi secara langsung.

“Setiap pemilik suara dibatasi hanya membawa mandat dua surat kuasa, tak boleh lebih. Itu sesuai aturan yang diterbitkan PWI Pusat,” tambah Machmud.

Merujuk hasil rapat panitia yang digelar pada Jumat (22/10), tahapan Konferwil PWI Jatim dimulai Senin (‪25/10‬), yakni pengumuman pendaftaran calon. Adapun pendaftaran calon dibuka pada ‪1-3 November‬, dilanjutkan ‪3-4 November‬ penyerahan formulir dan berkas pendaftaran.

Selanjutnya, panitia melakukan verifikasi kelengkapan dan keabsahan berkas pendaftaran dan mengumumkan hasilnya ‪pada 6 November‬. “Penetapan calon ketua PWI Jatim dijadwalkan ‪pada 9 November‬,” imbuh Machmud.

Calon Ketua PWI Jatim yang sudah ditetapkan panitia selanjutnya diberi waktu selama sepekan pada ‪10-16 November‬ untuk melakukan kampanye. Bahkan, panitia mengagendakan acara debat calon ketua di salah satu stasiun televisi swasta lokal.

Berdasarkan Pedoman Dasar/Pedoman Rumah Tangga (PD/PRT) hasil Kongres Ke-24 PWI di Solo, syarat mencalonkan diri sebagai ketua PWI, antara lain tercatat sebagai anggota biasa minimal tiga tahun.

Pernah menjadi pengurus PWI pusat, provinsi atau kabupaten/kota, memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kategori wartawan utama, dan tidak menjadi pengurus partai politik, organisasi terafiliasi serta lembaga pemerintah.

Hingga kini terdapat beberapa nama pengurus PWI Jatim yang disebut-sebut bakal maju dalam pencalonan ketua baru periode 2021-2026, yakni Ainur Rohim (petahana), Lutfil Hakim (wakil ketua), dan Eko Pamuji (sekretaris). (*)

baca juga :

Bantu Bencana Kota Batu, Surabaya Kerahkan 60 Personel, 3 Alat Berat dan 5 Dump Truk

Redaksi Global News

Raih Penghargaan Pembina K3 Terbaik, Khofifah Sebut Covid-19 Jadi Momentum Tingkatkan Budaya K3

Redaksi Global News

DPR Kritik Mendagri Anggarkan Rp 168 M untuk Lomba New Normal

Redaksi Global News