Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mataraman Utama

Dekranasda Kota Kediri Dorong Perajin Batik Manfaatkan Medsos

Dekranasda Kota Kediri mendorong perajin batik memanfaatkan penjualan daring

KEDIRI (global-news.co.id) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kediri, Jawa Timur, mendorong pengrajin batik memanfaatkan penjualan daring di media sosial sehingga jangkauan pemasaran lebih luas.

Ketua Dekranasda Kota Kediri, Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar, Sabtu mengatakan para perajin batik di kota itu hingga kini masih terus eksis karena konsistem mengikuti era pemasaran secara daring.

“Kalau tidak seperti itu mereka akan ketinggalan. Dekranasda bersama Pemerintah Kota Kediri selalu mendukung UMKM termasuk perajin batik. Kami juga datangkan desainer nasional agar motif-motif batik di Kota Kediri berkembang dan up to date,” kata Ferry.

Istri Walikota Kediri tersebut juga menambahkan wujud nyata yang telah dilakukan untuk terus mempertahankan eksistensi batik adalah mewajibkan pegawai memakai kain tradisional daerah termasuk batik.

Generasi muda juga terus didorong untuk bangga menggunakan batik, karena batik bisa dipadukan dengan berbagai gaya. “Mudah-mudahan batik kita makin lestari dan banyak anak-anak muda mau menghargai karya-karya tangan perajin batik. Tidak melulu melirik fashion yang kekinian dan produk industri,” katanya.

Dekranasda Kota Kediri memiliki beberapa program untuk terus menjaga eksistensi dan mengembangkan produk lokal Kota Kediri salah satunya batik. Kegiatan itu mulai dari fasilitasi pameran, workshop, hingga fasilitasi digital marketing.

Pada tahun 2020 Dekranasda Kota Kediri telah berpartisipasi pada Pameran Gelar Kriya Dekranasda Jatim, memberikan fasilitasi promosi di media sosial bagi perajin batik, serta bekerjasama dengan Pemprov Jatim dan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Kementerian Perindustrian memberikan fasilitasi sertifikasi Batikmark gratis.

Pada tahun 2021 diadakan workshop penulisan konten kreatif bagi usaha kriya termasuk batik dan penyelenggaraan Batik Corner di Ketos dalam rangka Hari Batik Nasional. Pameran Batik Corner tersebut digelar di sebuah pusat perbelanjaan di Kota Kediri mulai 1-3 Oktober 2021.

Sementara itu, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar mengharapkan dengan peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober ini, masyarakat Kota Kediri diharapkan semakin bangga untuk menggunakan produk lokal Kota Kediri salah satunya batik. (ins, ntr)

baca juga :

Pemerintah Putuskan PPKM Mikro Diperpanjang, Diperluas Jadi 15 Provinsi

Titis Global News

Kukuhkan Kepala Kanreg II BKN, Gubernur Khofifah Tekankan Inovasi Digitalisasi Sistem Kepegawaian

Redaksi Global News

BUMDes Jaya Tirta Wakili Bojonegoro di Tingkat Provinsi

Redaksi Global News