Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Database Dikabarkan Bocor, Bank Jatim Pastikan Data Nasabah Aman

Bank Jatim memastikan integritas data nasabah tetap terjaga dan para nasabah bisa tetap tenang melakukan transaksi keuangan perbankan.

SURABAYA (global-news.co.id) – Data nasabah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) dikabarkan bocor. Manajemen bank pelat merah ini meminta nasabah tidak perlu khawatir melakukan transaksi keuangan karena data nasabah dijamin aman.

Direktur TI & Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo menjelaskan bahwa Bank Jatim telah bergerak cepat dan saat ini sedang melakukan proses investigasi dan analisis forensik untuk mengkaji lebih dalam terkait kabar tersebut. “Hasil penelusuran awal mengindikasikan bahwa pelaku kejahatan cyber melakukan intrusi pada sistem aplikasi pendukung, bukan pada Core System Bank Jatim. Dengan kata lain, integritas data nasabah tetap terjaga dan para nasabah Bank Jatim bisa tetap tenang untuk melakukan transaksi keuangan perbankan,” jelas Tonny dalam siaran resminya, Jumat (22/10).

Dengan adanya berita tersebut, Tonny memastikan bahwa operasional dan layanan Bank Jatim tidak terdapat permasalahan dan tetap berjalan normal. “Bank Jatim juga terus menerus melakukan peningkatan perlindungan data perseroan agar tidak rentan terhadap kejahatan cyber,” ungkap Tonny.

Nasabah juga tetap dapat memanfaatkan layanan e-channel Bank Jatim seperti JConnect mobile banking dan JConnect internet banking untuk melakukan transaksi keuangan perbankan dengan cepat, mudah, dan aman.

Selama ini Bank Jatim juga telah melakukan mitigasi risiko terhadap serangan siber melalui kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menerapkan standar pengamanan sistem informasi. Kemudian saat ini Bank Jatim sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terkait untuk proses investigasi dan penyelesaian masalah tersebut.

Selanjutnya, Bank Jatim akan berkoordinasi dengan para nasabah untuk memastikan layanan kepada nasabah tetap dapat dilakukan tanpa gangguan. Apabila nasabah membutuhkan penjelasan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan, dapat segera menghubungi layanan resmi  melalui Call Center di Nomor 14044, WhatsApp Corporate 0811-3222-2505. (tis)

baca juga :

Akseptor KB di Jatim Capai 81 Ribu, Kontrasepsi Suntik Paling Diminati

Redaksi Global News

Libatkan 26 Iduka, SMKN 1 Surabaya Gelar Job Fair 2022

Aa Gym Positif Covid-19, Masjid Daarut Tauhid Lockdown hingga Awal Tahun

Redaksi Global News