Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Apresiasi Presiden Hadir di KEK Gresik, Menko Airlangga Sebut Akan Mendorong Kementerian Dukung Projek

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

JAKARTA (global-news.co.id) – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasi atas kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung dalam acara Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10).

Menko Airlangga mengatakan kehadiran Presiden Jokowi dalam acara tersebut akan mendorong dukungan dari kementerian terkait pembangunan pabrik pemurnian-pengolahan (smelter) PT Freeport Indonesia.

“Tentu kehadiran Bapak Presiden ini penting karena ini akan mendorong seluruh kementerian mendukung projek ini,” kata Menko Airlangga dalam sambutannya sebagaimana disaksikan melalui tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa (12/10).

Dia mengatakan projek pembangunan smelter PT Freeport Indonesia membutuhkan dukungan infrastruktur mulai dari air dan gas dari Kementerian ESDM, hingga dukungan investasi dari Kementerian BUMN.

“Kita lihat dari angkanya, economic benefit-nya sangat besar, terutama nanti kepada perpajakan,” tutur Menko Airlangga.

Dia mengatakan pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, menjadi momentum bersejarah karena memindahkan hilirisasi yang sebelumnya dominan dilakukan di luar negeri ke dalam negeri.

Menko Airlangga dalam laporannya kepada Presiden Jokowi mengatakan, smelter tembaga dan instalasi hilirisasi tambahan di Gresik akan meningkatkan nilai tambah perekonomian domestik secara berlipat ganda, dan juga pada akhirnya meningkatkan penerimaan negara.

Sementara itu Presiden Jokowi dalam arahannya menyampaikan pembangunan smelter di dalam negeri akan memperkuat hilirisasi industri.

Presiden Jokowi mengatakan akan memerintahkan satu persatu perusahaan baik swasta maupun BUMN yang berkaitan dengan tambang dan minerba untuk masuk ke hilirisasi. (ant, ins)

baca juga :

5.499 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS Pemkot Surabaya

Redaksi Global News

ITS Ciptakan Robot Ventilator Murah Bantu Penanganan Pasien COVID-19

Wawancara Khusus Natarianto Indrawan, PhD: Dukung RI Genjot Ekonomi Green Hydrogen!

gas