Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Akhir Oktober Citilink Buka Penerbangan di Bandara Ngloram-Blora, Seminggu Dua Kali

Citilink siap terbang dari dan ke Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora

BLORA (global-news.co.id) – Maskapai penerbangan Citilink, tidak lama lagi membuka penerbangan di Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bupati Blora, Arief Rohman, usai menemui Direktur PT Citilink, Benny Rustanto, di Jakarta, Sabtu (2/10), menyatakan, pihaknya bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD, kemudian ada Ariadi Widiawan (Kepala Bandara Ngloram), juga Kasatker Bandara, bertemu dengan Direktur Citilink di Jakarta.

“Beliau ini mbah-mbahnya adalah orang Blora, keturunan Blora. Setelah diskusi dan lobi-lobi beberapa saat kemudian kita sepakat pembukaan penerbangan Citilink akan dilakukan akhir bulan ini. Kemarin kita pilih tanggal 29 Oktober 2021, hari Jumat,” ucap Bupati Arief, Minggu (3/10).

Menurutnya dari pertemuan itu, pihak Pemkab dengan manajemen Citilink segera melakukan pembahasan tindak lanjut guna menyiapkan tahapan pembukaan penerbangan ini.

“Akan kita matangkan draft atau konsep MoU nya dengan Citilink, agar nanti pembukaan penerbangan perdana di Bandara kita bisa berjalan lancar. Rencananya rute yang akan dibuka dari Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Bandara Ngloram Cepu Blora, dan sebaliknya,” lanjut Bupati Arief.

Tidak menutup kemungkinan membuka rute lainnya sambil menunggu perkembangan penumpang. “Sedangkan untuk kepastian jadwal penerbangan dan harga tiketnya sedang kita bahas bersama. Yang jelas kita upayakan terjangkau dan layak untuk masyarakat umum,” tambah Bupati.

Menurutnya, saat ini sudah banyak para diaspora Kabupaten Blora, para alumni Blora dan alumni Cepu yang sudah menanyakan kapan pembukaan bandara.

“Oleh sebab itu ini kita matangkan dulu dengan Citilink. Kita ingin agar bandara bisa beroperasi terlebih dahulu sebelum diresmikan oleh Pak Presiden di akhir tahun, sejalan dengan masukan Pak Sesditjen Perhubungan Udara, yang Jumat lalu kita temui di Kementerian Perhubungan,” tambah Bupati.

Bupati yakin Bandara di Kecamatan Cepu ini akan hidup sebagai pintu gerbang pertumbuhan ekonomi dan investasi Kabupaten Blora, bersama wilayah sekitarnya seperti Bojonegoro, Tuban, Rembang, Ngawi, dan Grobogan.

Terpisah, Kepala Bandara Ngloram Ariadi Widiawan, menyatakan, hasil pertemuan Bupati Blora, Direktur Niaga dan Kepala Bandara di Jakarta membuahkan hasil yang cukup signifikan.

Menurut dia, kapan beroperasinya sudah ada titik terang. Tetapi Citilink akan mempersiapkan hal-hal teknis dan non teknis. “InsyaAllah, alhamdulillah rencana awal Citilink akan terbang seminggu dua kali, hari Senin dan Jumat,” ujarnya.

Jika pasarnya memungkinkan, lanjut dia,  bisa dilakukan setiap hari. “Untuk tiket pesawat antara Rp800 sampai dengan Rp900 ribuan. Semoga dapat terealisasi,” ujarnya.

Untuk bandara sendiri, tambah dia, saat ini panjang landasan 1.500×30 meter untuk ATR 72 600. Untuk terminal, dalam tahap penyelesaian fasilitas termasuk jalan masuk. (rno)

baca juga :

Bawa Air dan Tanah Kedaton Majapahit ke IKN Nusantara, Gubernur Khofifah Lakukan Prosesi Mendhet Tirto lan Siti

Redaksi Global News

Besok, JCH Kloter Terakhir Berangkat ke Tanah Suci

Redaksi Global News

Persik Kediri Pertahankan Pilar Benteng Pertahanan

Redaksi Global News