Global-News.co.id
Pantura Utama

Tembus 10 Besar Nasional KIP Desa, Kedungsumber Wakili Provinsi Jatim

Tampak depan papan nama Kantor Desa Kedungsumber.

BOJONEGORO (global-news.co.id) – Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro patut dibanggakan. Sebab di era keterbukaan informasi publik ini desa yang berada di wilayah blank spot Bojonegoro bagian selatan menorehkan prestasi gemilang. Desa Kedungsumber masuk sepuluh besar desa yang transparan dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa, Kamis (02/09).

Capaian tersebut diraih berdasarkan hasil seleksi tahapan desk review yang melibatkan Kementerian Desa Pembanggunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Komisi Informasi Pusat (KIP), dan Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) yang tertuang dalam berita acara penetapan 10 desa pada 16 Agustus 2021 dalam rangka Apresiasi KIP Desa Tahun 2021.

Sehubungan dengan hal itu, tiga pihak yakni Kemendes PDTT, Komisi Informasi Pusat, dan Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi melakukan kunjungan lapangan ke Desa Kedungsumber, Jumat, (03/09/2021).

Dalam mempersiapkan kunjungan lapangan di atas, Kades Kedungsumber, Ir Kardi, telah mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk mempresentasikan terkait KIP Desa Kedungsumber, potensi desa, inovasi desa, pengelolaan informasi desa, komitmen pimpinan dan stakeholder.

Kecuali itu menampilkan media keterbukaan informasi yang digunakan. Yakni media tatap muka (langsung), medsos (Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp) dan inovasi terobosan yang telah berjalan yakni Modus (musyawaroh dusun). (boe, ins)

Daftar 10 Besar Desa di 10 Provinsi Hasil Desk Review dalam rangka Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2021 :

1. Desa Kumbang, Masbagik, Lombok Timur, NTB.
2. Desa Teluk Kapuas, Sungai Raya, Kuburaya, Kalbar.
3. Desa Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Bandung, Jabar.
4. Desa Blang Kolak, Kec. Blebesen, Aceh Tengah, Aceh.
5. Desa Kedungsumber, Kec. Temayang, Keb. Bojonegoro, Jatim.
6. Desa Punggul, Abiansemal, Badung, Bali.
7. Desa Karangsari, Kepanewon Pengasih, Kulonprogo, DI Jogjakarta.
8. Desa Kabuna, Kakuluk Mesak, Belu, NTT.
9. Desa Sendang, Kec. Wonogiri, Wonogiri, Jateng.
10. Desa Pohea, Sanana Utara, Kepulauan Sula, Maluku Utara.

baca juga :

Sambut Idul Adha, KAI Beri Diskon Tiket

Redaksi Global News

Di Jatim 662 Positif Corona, 127 Sembuh, 66 Meninggal

Redaksi Global News

Pasokan Blanko KTP Elektronik di Kota Surabaya Kembali Normal

Redaksi Global News