Global-News.co.id
Metro Raya Sport Utama

Targetkan Juara Umum PON XX, Kontingen Jatim Berkekuatan 543 Atlet

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung (kanan)

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebanyak 543 atlet yang tergabung dalam Kontingen Jawa Timur akan berlaga pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar di Papua, 2-15 Oktober 2021.

“Dengan kekuatan itu, Jatim menargetkan juara umum pada PON kali ini,” ujar Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung di sela pelepasan kontingen Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (9/9).

Selain atlet, KONI Jatim juga memberangkatkan 161 orang pelatih beserta tim mekanik yang berjumlah 78 orang. Ia pun turut mendukung penuh tim sport science, yang terdiri dari ahli psikologi, ahli nutrisi dan gizi, ahli kesehatan serta massage.

“Kami juga dibantu pendampingan 50 personel pengamanan dari Polda Jatim. Terima kasih kami sampaikan kepada Pak Kapolda Irjen Polisi Nico Afinta,” ucap Erlangga.

Di PON Papua, kontingen Jatim mengikuti 34 dari total 37 cabang olahraga yang dipertandingkan. Pemberangkatan kontingen Jatim dilakukan secara bertahap mulai 10 September 2021, yaitu sebagian tim satgas. Kemudian pada 12 September dan selanjutnya beberapa hari jelang penyelenggaraan.

“Apalagi ada sebagian cabor yang dipertandingkan sebelum pembukaan. Yang jelas, seluruh atlet siap memberikan yang terbaik untuk Jawa Timur,” kata pria yang juga pengusaha tersebut.

“Urusan bonus tidak dibahas sekarang. Bertanding dulu, berusaha untuk menang, lalu berbicara bonus,” tambah Erlangga saat ditanya soal bonus atlet.

PON Papua akan diselenggarakan di empat daerah atau klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika. Secara keseluruhan, terdapat 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan pada PON XX Papua.

Total medali emas yang ditargetkan Jatim pada PON Papua mencapai sekitar 120 keping dan menjadi juara umum. Mereka bertekad memperbaiki prestasi pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016, yang menempati posisi kedua di bawah tuan rumah.

Setelah melalui tahap registrasi, jumlah atlet dari masing-masing KONI provinsi hanya berjumlah 6.144 orang, ditambah dengan atlet tuan rumah 922 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 7.066 atlet. (ara, ins)

baca juga :

‘Bersyukur Bisa Bersilaturahim dengan Masyarakat yang Butuh Bantuan’

Redaksi Global News

Imbas Covid, Ratusan IKM di Mojokerto Banting Setir Produksi APD dan Kuliner

Titis Global News

Khofifah Resmikan Command Center dan International Training Class di BPSDM Jatim

Redaksi Global News