Global-News.co.id
Tapal Kuda Utama

‘Sungai Watch’ Tertarik Pengelolaan Sampah Kali Temi dan Kali Sejuk Lumajang

Satu di antara dua kali yang ditinjau Sungai Watch 

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Sebuah organisasi lingkungan yang dibentuk sekelompok pemuda luar negeri, Sungai Watch, tertarik pengelolaan sungai di Kabupaten Lumajang.

Sungai Watch mempunyai misi mencegah agar sampah tidak sampai mencemari laut melalui aliran sungai. Organisasi itu ternyata melirik dua sungai di Kabupaten Lumajang yang dianggap memiliki kebersihan dan pengolaan sampah yang baik, yaitu Kali Temi, Kelurahan Ditotrunan dan Kali Sejuk, Desa Purwosono.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati yang mendampingi Sungai Watch berkeliling ke dua sungai tersebut mengatakan, organisasi yang digawangi Gary Bencheghib itu tertarik pada permasalahan sampah yang dibuang ke sungai serta penanganannya oleh masyarakat sekitar.

“Mereka tergerak, karena permasalahan sampah di sungai semakin tak terkendali. Misinya menghentikan sampah mengalir ke laut, melalui pemasangan penghalang sampah,” kata dia. Minggu (5/9).

Dikatakan Yuli Haris, sebelum melakukan peninjauan ke Kali Temi dan Kali Sejuk, mereka sudah berdiskusi tentang pengelolaan sampah di sungai oleh masyarakat. Bahkan sempat diskusi juga dengan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq beberapa yang lalu.

Setelah diajak melihat Kali Temi dan Kali Sejuk, mereka tertarik sehingga akan kembali berkunjung. “Kami mengajak mereka melihat Kali Temi di RW 5 Kelurahan Ditotrunan dan Kali Sejuk Desa Purwosono. Mereka ingin datang lagi untuk menjalankan misinya,” imbuhnya. (ins, uja)

baca juga :

Laboratorium Bocor, Ribuan Orang di Tiongkok Terpapar Brucellosis

Redaksi Global News

Satpol PP Surabaya Tertibkan Pedagang Gembong Yang Kembali ke Tepi Jalan

Redaksi Global News

Dua Gol Messi Bawa PSG Bangkit Libas Leipzig 3-2

Redaksi Global News