Global-News.co.id
Sport Utama

PON XX Papua, Kesiapan Infrastruktur Jaringan Capai 96 Persen

Kesiapan jaringan di PON XX Papua sudah mencapai 96 persen

SURABAYA (global-news.co.id)  – Kesiapan infrastruktur jaringan menyambut PON XX Papua telah mencapai 96 persen dari sejumlah program yang dijadwalkan. Telkomsel menilai, dari sisi power, transport, quality, hingga user experience sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

POH General Manager Network Service Assurance Telkomsel Maluku dan Papua, Muhammad Idham Kadir, dalam rilisnya, Rabu (1/9), mengatakan, guna mengatasi adanya lonjakan trafik dan kebutuhan komunikasi selama PON berlangsung, pihaknya melakukan penambahan sebanyak 41 Base Transceiver Station (BTS) dan satu site permanen khusus untuk mengoptimalkan jaringan di Stadion Lukas Enembe.

“Kemudian sebanyak 11 Compact Mobile BTS (Combat) juga akan kita mobilisasi untuk mendukung layanan di berbagai venue pertandingan,” lanjut Idham.

Selain mengoptimalkan infrastruktur jaringan di empat kluster yang akan digelar kegiatan PON XX, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Sentani, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke, Telkomsel juga akan melakukan pengoptimalan jaringan di beberapa lokasi untuk menyambut Kirab Api PON XX.

“Selain empat kota dan kabupaten itu, optimalisasi jaringan juga kami lakukan di Sorong, Biak, dan Wamena untuk mengantisipasi adanya lonjakan kebutuhan komunikasi,” tambah Idham dalam rilisnya.

Guna mengantisipasi adanya pemadaman listrik, Telkomsel telah menyiagakan sebanyak 24 genset tetap dan 33 Support Catu Daya (SCD) Mobile yang siap memberikan sumber daya listrik kepada BTS prioritas apabila diperlukan.

“Kami juga melakukan sejumlah program optimalisasi kapasitas baterai yang terdapat dalam BTS sehingga saat terjadi pemadaman listrik, BTS masih dapat beroperasi dengan optimal untuk jangka waktu tertentu,” kata Idham.

General Manager Consumer Sales Telkomsel Region Maluku dan Papua, Yuli Haryadi, yang memberikan keterangan terpisah, menyampaikan sejumlah perkembangan dari sisi produk dan layanan Telkomsel yakni menyediakan booth di Bandara Sentani guna mengakomodir pelanggan yang baru turun dari pesawat.

Pihaknya juga menyiagakan sebanyak lebih dari 80 reseller atau konter pulsa dalam radius satu kilometer dari setiap venue PON XX untuk memastikan agar para atlet, ofisial, maupun volunteer dapat dengan mudah mendapatkan produk-produk Telkomsel.

“Begitu pula dengan GraPARI, total ada sebanyak lima titik yang tersebar di empat kluster pelaksanaan PON XX. Yaitu dua lokasi di Kota Jayapura, satu lokasi di Kabupaten Jayapura tepatnya di Sentani, satu lokasi di Merauke, dan satu lokasi di Timika. Semuanya siap membantu pelanggan untuk ganti kartu, aktivasi paket, dan migrasi kartu 4G,” tambah Yuli. (*)

baca juga :

Polresta Sidoarjo Gelar Vaksinasi Booster 1.000 Dosis di Mitra Sehat Mandiri

Redaksi Global News

TNI Polri Bersinergi Amankan Giat Forum Konsultasi Publik

Piala Afrika, Comeback Dramatis Bawa Mesir ke Semifinal

Redaksi Global News