Global-News.co.id
Metro Raya Sport Utama

Pemkot Surabaya Buka Pendaftaran Diklat Sepakbola Pelajar

Pelatih klub Tranmere Rovers saat memberikan coaching clinic kepada anak-anak Surabaya di Stadion G10N sebelum pandemi Covid-19.

SURABAYA (global-news.co.ud) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), membuka pendaftaran diklat sepakbola. Seleksi ini dilakukan untuk mencari bibit-bibit unggul dalam bidang olahraga sepakbola. Hal ini sebagaimana pula menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan,  diklat sepakbola dikhususkan bagi anak-anak Kota Pahlawan. Mereka bakal dilatih dan disiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Antar Provinsi (Porprov) atau pertandingan antar-kota.

“Yang diklat itu hubungannya nanti persiapan Porprov atau menyiapkan pertandingan antarkota. Kami siapkan anak-anak di setiap sekolah. Tapi diklatnya tidak nginap, kita latih dan nanti pulang,” kata Walikota Eri, Selasa (21/9).

Tak hanya diklat di bidang sepakbola yang disiapkan pemkot. Sebab, pemkot juga berencana menyiapkan pembinaan bagi anak-anak Surabaya yang berminat di cabang olahraga lain, misalnya, bulutangkis, basket dan bola voli.

“Jadi kita memang siapkan arek-arek Surabaya, kalau nanti ada Porprov dan PON (Pekan Olahraga Nasional) itu kita masukkan dari sana. Dengan harapan Surabaya sebagai kota olahraga tetap terjaga. Dan memang kita siapkan sejak dini,” katanya.

Kepala Bidang Pembinaan Olahraga, Dispora Kota Surabaya, Arief Setya Purwanto menjelaskan, pendaftaran diklat sepakbola dibuka mulai tanggal 20 – 24 September 2021. Peserta dikhususkan bagi pelajar SMP yang memiliki minat dan bakat di bidang persepakbolaan.

“Setiap sekolah dapat mendaftarkan maksimal empat peserta. Untuk kategori usia antara 13 – 15 tahun dan merupakan warga dengan KK (Kartu Keluarga) Kota Surabaya,” kata Arief.

Sedangkan untuk pendaftaran, kata Arief, akan dikoordinir langsung oleh guru olahraga di masing-masing sekolah. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi form di laman, https://dispora.surabaya.go.id/olahraga/kegiatan/diklat-sepak-bola.

Dari total jumlah pendaftar itu, Arief menyebut, nantinya akan dilakukan seleksi dan dipilih 75 orang siswa terbaik. Tentunya mereka yang dipilih dipastikan memiliki bakat dan minat di bidang olahraga sepakbola. “Dari seleksi itu kita ambil 75 siswa. Rencananya, diklat dimulai tanggal 1 atau 8 Oktober 2021,” ujarnya.

Di setiap seleksi maupun pelaksanaan diklat, Dispora juga menggandeng Askot (Asosiasi PSSI Kota Surabaya) dan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Surabaya. Termasuk pula petugas yang melakukan seleksi maupun para pelatih. (pur)

baca juga :

Pemprov Turunkan Tim Pengawas dan Inspektorat ke Lokasi Tambang Emas Banyuwangi

Redaksi Global News

Siap Amankan Pilkades, Personel Polresta Sidoarjo Lakukan Rikkes

Atlet Selancar dari Berbagai Negara Mulai Berdatangan ke Banyuwangi