Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Pantura Utama

PEM Akamigas Gelar Workshop Penyusunan dan Penguatan SOP

BLORA (global-news.co.id) –  SOP (Standar Operasional Prosedur) PEM Akamigas merupakan panduan yang dibentuk untuk menjalankan tugas dan fungsi setiap elemen di PEM Akamigas. Idealnya seluruh unsur pendukung di PEM Akamigas harus mengetahui dan menerapkan SOP yang telah dibentuk dan disepakati.

Oleh karena itu, PEM Akamigas melalui SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) melaksanakan workshop Penyusunan dan Penguatan SOP di PEM Akamigas untuk pegawai dan unsur pendukung di PEM Akamigas secara bertahap.

Workshop kali ini masih bersama ‘Mutu Pendidikan’ satu lembaga pelatihan dan pendampingan yang membidangi Pengembangan Sistem Manajemen Mutu Pendidikan, Budaya Mutu dan Pengembangan SDM Pendidikan di Indonesia. Dilaksanakan pada 20 – 25 September 2021, workshop ini dilaksanakan secara daring.

“Kita sudah cukup lama memahami adanya SOP ini, tapi kita belum sepenuhnya mengimplementasikannya. Sehingga pada kesempatan ini kita bisa mengevaluasi dan menelaah kembali apakah SOP yang ada pada kita sudah sesuai dengan standar-standar yang ada,” kata Sub Koordinator Umum PEM Akamigas, Anwar Su’udi, saat membuka kegiatan workshop mewakili Direktur PEM Akamigas (20/9).

Dipandu oleh dosen pengajar di PEM Akamigas, Asepta Surya W, workshop di hari pertama ini menghadirkan Bagus Suminar, Direktur Lembaga Mutu Pendidikan.

Bagus menyampaikan, saat ini sedang maraknya training-training online. “Fenomena inilah yang mendistrubsi dunia pendidikan. Kalau kita tidak menyadari dan lengah dengan kondisi ini, akan banyak perguruan tinggi atau lembaga-lembaga pendidikan yang terdampak oleh fenomena ini. Sehingga kita pun harus ikut terjun ke dunia online ini,” ujarnya.

Dijelaskan oleh Bagus, workshop kali ini akan membahas 10 materi selama 5 hari ke depan.  Di antaranya adalah perguruan tinggi/sekolah/madrasah sebagai entitas organisasi yang sistemik dan bagaimana mengembangkan visi, misi, nilai-nilai dan strategi lembaga pendidikan. Kemudian masih ada materi tentang analisis hierarki, job description, budaya kerja dan sistem pengambilan keputusan organisasi, SPMI, Pembuatan SOP dan sebagainya. (rno)

baca juga :

36 Mahasiswa di Asrama STT Bethel Positif COVID-19

Redaksi Global News

Gubernur Khofifah Raih Penghargaan KPID Award 2019

Redaksi Global News

Empat Sukes Tercapai, Pamekasan Masuk 7 Besar MTQ XXIX Jatim

gas