Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Pandemi, Bank Jatim Malah Panen Prestasi

Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman, saat menerima penghargaan TOP CEO BUMD 2021. Bank Jatim juga meraih dua penghargaan lain yaitu TOP of The TOP BUMD 2021 dan TOP BUMD 2021 #Stars 5.

SURABAYA (global-news.co.id) – Tekanan ekonomi akibat hantaman pandemi Covid-19 tak membuat kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) lesu, malah dalam beberapa hari terakhir panen prestasi.

Terbaru, dalam ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh The Iconomics, Bank Jatim berhasil meraih title Indonesia Top Bank Awards 2021 dalam kategori Bank Buku 3. Acara itu diselenggarakan secara live melalui aplikasi zoom dan channel youtube The Iconomics.

Kondisi ekonomi global saat ini mengalami tekanan yang berat dengan adanya pandemi dunia Covid-19. Hampir semua negara di dunia mengalami kontraksi ekonomi sejak 2020 lalu. Pandemi tersebut juga telah mengakibatkan perubahan peta bisnis secara mendasar di Indonesia. Hadirnya Pandemi Covid-19 tentunya memberikan dampak bagi seluruh sektor, termasuk industri Perbankan.

Bank Jatim menyikapi pandemi ini sebagai sebuah tantangan dan peluang untuk terus tumbuh dan berkembang, serta memberikan stimulan positif terhadap perekonomian di Indonesia. Hal tersebut menjadi dasar bagi The Iconomics Research and Consulting dalam menetapkan Bank Jatim sebagai Penerima Penghargaan Indonesia Top Bank Awards 2021 kategori Bank Buku 3. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada bank-bank terbaik di Indonesia dilihat dari fundamental keuangan perusahaan yang menggambarkan ketahanan sebuah bank dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis khususnya di masa pandemi Covid-19.

Terdapat beberapa aspek yang digunakan dalam metodologi penilaian seperti Tingkat Kesehatan Bank, Profitabilitas (ROA, ROE, Income, Net Interest Income), Kualitas Aset (NPL), Likuiditas (LDR, Deposit Growth), Efisiensi (BOPO, NIM), dan Permodalan (CAR).

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman yang hadir secara virtual menyampaikan terima kasih  atas penghargaan yang telah diberikan oleh The Iconomics kepada Bank Jatim. “Kami berharap dengan diperolehnya penghargaan ini, semakin memicu kami, terlebih dengan situasi pandemi semacam ini, menjadi lebih responsible, agile dan adaptive terhadap bagaimana kita menangkap tantangan & peluang yang ada, sehingga bisnis sektor keuangan bisa tetap tumbuh, menguntungkan, dan sustainable,” jelas Busrul dalam keterangan resmi, Selasa (14/9).

Ditambahkan Busrul kesuksesan ini tidak lepas dari support seluruh stakeholder dan shareholder serta kerjasama berbagai pihak, terutama para nasabah serta karyawan dan karyawati Bank Jatim. “Semoga support dan kerjasama ini dapat terus berlanjut ke depannya sejalan dengan visi dan misi dari Bank Jatim,”  katanya.

Top BUMN Award 2021
Sebelumnya Bank Jatim bersama Provinsi Jawa Timur menorehkan prestasi dalam ajang TOP BUMD Award 2021 yang diselenggarakan oleh majalah Top Business bekerjasama Institute Otonomi Daerah (i-OTDA). Bertempat di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, kegiatan diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh Kepala Daerah dan Manajemen BUMD seluruh Indonesia.

Acara penganugerahan yang bertajuk “Membangun Kinerja dan Layanan BUMD Tetap Produktif di masa Pandemi Covid-19” ini dihadiri langsung oleh Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman. Bank Jatim berhasil meraih penghargan dalam 3 kategori yaitu, TOP of The TOP BUMD 2021 dan TOP BUMD 2021 #Stars 5, serta penganugerahan kepada Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman sebagai TOP CEO BUMD 2021.

Pada event tersebut, Dewan Juri juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam kategori Top Pembina BUMD Award yang diwakili Plt Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur Aris Mukiyono.

TOP BUMD Awards merupakan salah satu ajang pemberian penghargaan BUMD tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada BUMD-BUMD yang dinilai  mempunyai kinerja baik, aktif melakukan improvement & inovasi,  berkontribusi besar dalam pembangunan daerah serta memiliki strategi dan inovasi di masa Pandemi Covid-19 agar bisnis tumbuh secara berkelanjutan. (tis)

baca juga :

Gus Ipul: Jawa Timur ‘Darurat’ Limbah B3

nasir nasir

7 Mei: Indonesia 12.776 Positif Corona, 2.381 Sembuh dan 930 Meninggal

Redaksi Global News

Tak Boleh Ada Penerbangan ke Saudi, Jamaah Menumpuk di Bandara

Redaksi Global News