Global-News.co.id
Sport Utama

Ke PON XX Anggaran Minimum, Target Jatim Tetap Juara Umum

SURABAYA (global-news.co.id) – Meski anggaran persiapan ke PON XX-2020 Papua minimum, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur tetap menargetkan juara umum.

Ketua Harian KONI Jatim, Muhammad Nabil,, Sabtu (4/9), mengatakan, target sejak awal juara umum. Total medali emas yang ditarget Jatim pada PON Papua di kisaran 120 keping, sekaligus memperbaiki prestasi pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016 yang berada di posisi kedua di bawah tuan rumah.

Meski diakui cukup berat, namun Nabil optimistis Jatim mampu meraihnya karena berbekal pada persiapan yang digelar selama empat tahun terakhir dalam Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda).

Pandemi Covid-19, kata Nabil, diakuinya sangat berpengaruh, namun diharapkan para atlet yang akan berjuang tetap pada kondisi prima sehingga persiapan selama ini tidak sia-sia.

“Jangan sampai persiapan sudah lama dan matang, tapi jelang pertandingan ada gangguan kesehatan. Kami harap ini tidak terjadi dan seluruh atlet siap berjuang,” ucap Nabil yang juga Ketua Tim Puslatda Jatim.

Tantangan lainnya, kata dia, adalah tak adanya kejuaraan atau pertandingan menjelang penyelenggaraan PON Papua akibat pandemi, sehingga tidak tahu kekuatan lawan yang akan dihadapi.

Berdasarkan unggahan Dinas Komunikasi dan Informatika Jatim, beberapa cabang olahraga yang menjadi unggulan tim untuk mendulang medali emas adalah panahan, angkat berat, angkat besi, atletik, akuatik-renang, dan sepatu roda.

PON Papua akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021 di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika.

Setelah melalui tahap registrasi, jumlah atlet dari masing-masing KONI provinsi  berjumlah 6.144 orang, ditambah dengan atlet tuan rumah 922 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 7.066 atlet. Total terdapat 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan. (ara, kmf)

baca juga :

Laksanakan Instruksi Walikota, Sebanyak 61 RHU yang Lolos Asesmen Tandatangani Pakta Integritas

Titis Global News

Sekitar 2.000 Rumah Warga Terdampak APG Semeru Direlokasi ke Zona Aman

Redaksi Global News

Liga 1: Barito Putera Ekstra Waspada Hadapi Persebaya