Global-News.co.id
Sport Utama

Jepang dan Arab Saudi Menang Tipis, Suriah Ditahan Tamunya UEA

Pemain Jepang (kiri) adu sundul dengan pemain China dalam laga di Doha, Qatar

DOHA (global-news.co.id) – Dua tim kuat di kawasan Asia, Jepang dan Arab Saudi, memetik kemenangan di Grup B putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (7/9) malam. Sedangkan di Grup A, Suriah berbagi poin dengan Uni Emirat Arab.

Berikut ringkasan hasil tiga pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berlangsung bersamaan pada Selasa malam hingga Rabu dini hari WIB berdasarkan laman resmi AFC.

Jepang usai menelan kekalahan mengejutkan melawan Oman lima hari yang lalu, tim Samurai Jepang bangkit dan memetik kemenangan tipis 1-0 atas China yang pada laga kali ini menumpang di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar.

Penyerang Vissel Kobe yang sempat merintis karier di Jerman sejak 2014, Yuya Osako, mencetak gol semata wayang kemenangan Jepang pada menit ke-40 lewat sontekan jarak dekat memanfaatkan umpan tarik Junya Ito.

Osako sebelumnya juga sempat menciptakan serangan apik dan mengirim umpan matang kepada Takefusa Kubo pada menit ke-23, sayang bola penyelesaian talenta muda Real Madrid itu masih membentur tiang gawang.

China berusaha membalas pada awal babak kedua, tetapi tembakan Zhu Chenjie masih membentur barisan pertahanan Jepang dan sepak pojok yang dihasilkan berusaha diselesaikan oleh Wu Xi sayang sundulannya melenceng dari sasaran.

Walau menang, Jepang tak beranjak dari peringkat keempat klasemen Grup B karena kalah head-to-head dari Oman kendati sama-sama mengoleksi tiga poin.

Sedangkan Oman harus menderita kalah 0-1 dari Arab Saudi. Bertandang ke Sultan Qaboos Sports Complex, Muscat, Arab Saudi menang tipis 1-0 atas tuan rumah Oman berkat gol Saleh Khaled Al-Shehri.

Gol itu dicetak Al-Shehri menyelesaikan umpan tumit Fahad Al Muwallad yang meneruskan bola kiriman Salman Al Faraj hanya tiga menit jelang turun minum.

Kemenangan itu melanjutkan tren positif yang belum terkalahkan dalam 10 pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan menyapu bersih dua laga awal di putaran ketiga.

Arab Saudi mengumpulkan enam poin penuh dan duduk di posisi kedua Grup B karena kalah selisih gol dibandingkan Australia yang menempati puncak klasemen.

Suriah memetik poin pertama mereka di putaran ketiga kualifikasi seusai menahan imbang tamunya Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-1 di Stadion King Abdullah II, Amman.

Kiper tuan rumah Ibrahim Alma melakukan blunder ketika gagal mengamankan umpan jauh Shahin Abdulrahman pada menit ke-11. Bola yang luput dari tangkapannya disambar oleh Ali Mabkhout untuk membawa UEA memimpin.

Suriah mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-64 saat Abdulrahman gagal mengantisipasi sempurna umpan silang Mahmood Al Mawas dan Mahmoud Al Baher melepaskan tembakan voli untuk memperdaya kiper Ali Khaseif.

Mabkhout seharusnya bisa memenangkan UEA pada menit ke-80 saat ia menyambut umpan tendangan bebas Bandar Al Ahbabi, sayang sundulannya melenceng dari sasaran sehingga skor 1-1 bertahan hingga bubaran. UEA sementara di posisi ketiga klasemen Grup A dengan koleksi dua poin, satu poin dan dua strip di atas Suriah. (ara)

baca juga :

Hasil Monitoring dan Evaluasi KPK, Pamekasan Bersih dari Korupsi

gas

Sekdaprov Lepas 77 Calon Praja IPDN Angkatan XXXI ke Jatinangor

Redaksi Global News

Sunan Gresik: Saudagar, Dokter, dan Wali Pertama Sebelum Walisongo

gas